Mendagri Gelar Audiensi dengan Sejumlah Walikota, Cek Kesiapan Rakernas Apeksi XIV di Semarang

Kamis, 16 Mei 2019 15:00 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima rombongan sejumlah walikota yang tergabung dalam Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019) pagi.

Rombongan walikota itu dipimpin langsung oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachma Diany sebagai Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, Walikota Manado Vicky Lumentut, Walikota Ternate Burhan Abdurahman hingga Walikota Ambon Richard Louhenappessy.

Selain itu hadir pula perwakilan dari Walikota Pekanbaru, Walikota Lubuklinggau, Wakil Walikota Batu, dan Sekda Pemkot Semarang.

Airin menjelaskan bahwa dalam audiensi yang berjalan sekitar 2 jam itu membahas persiapan Rakernas Apeksi ke-14 yang akan digelar di Semarang, Jawa Tengah pada 2-5 Juli 2019.

Mendagri rencananya akan menjadi pembicara dalam acara yang mengangkat tema “Kemandirian Daerah Terhadap Keuangan Daerah”.

"Pak Mendagri akan menyampaikan pendalaman serta evaluasi kebijakan dana kelurahan yang sudah dimulai tahun 2019 ini, kemudian ada Ibu Menteri Keuangan yang akan membahas dana transfer daerah hingga Menpan-RB terkait penyelesaian kategori II," ucap Airin ditemui setelah audiensi.

Airin juga mengatakan Presiden Joko Widodo juga akan diundang untuk menghadiri acara tersebut.

"Karena beliau juga dahulu adalah bagian dari Apeksi juga," imbuhnya.

Airin menyatakan akan ada 98 perwakilan kota dari seluruh Indonesia yang akan hadir.

"Acara tersebut akan diasistensi oleh Kementerian Pariwisata karena akan menghadirkan pawai budaya, sehingga kami harap agenda itu juga masuk dalam kalender pariwisata nasional," pungkasnya.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Rizal Bomantama
Videografer: Rizal Bomantama
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved