Terkini Daerah

Menengok Kecanggihan Fasilitas Airport Digital Lounge di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta

Jumat, 10 Mei 2019 20:32 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUN-VIDEO.COM, TANGERANG - Airport Digital Lounge kini hadir dan melengkapi fasilitas pelayanan di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelumnya Airport Digital Lounge sudah hadir terlebih dahulu di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan di Airport Digital Lounge yang baru diresmikan hari ini mempunyai berbagai fasilitas berbasis digital.

Hal itu, lanjutnya dapat mempermudah pelayanan terhadap pengguna jasa juga aktivitas di bandara udara tersibuk di Indonesia tersebut.

"Hari ini di terminal 1 sudah beroperasi juga Airport Digital Lounge, sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah lengkap. Hal ini ini menjadi concern kami untuk ke depan terus-menerus meningkatkan berbagai fasilitas yang berbasis digital," ucap Awaluddin di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (9/5/2019).

Menurut Awaluddin terdapat tiga alasan mengapa PT. Angkasa Pura tengah gencar melakukan digitalisasi dari segi pelayanan fasilitas di bandar udara yang dikelola.

Pertama, pada zaman modern ini banyak para pengguna jasanya yang menginginkan kecepatan dalam mendapatkan informasi terutama terkait penerbangan.

"Zaman sudah berubah dan bergeser ke digitalisasi, semua pengguna jasa itu inginkan kecepatan dalam mendapatkan informasi dan kecepatan itu dari teknologi," jelas Awaluddin.

Kedua, lanjutnya, pengguna jasa kini mendambakan sebuah kenyamanan dalam mendapatkan informasi di bandar udara tanpa ribet.

Maka diharapkan, Airport Digital Lounge tersebut dapat memberikan kenyamanan dalam pemberian informasi dan pelayanan penerbangan lainnya secara digital.

Lalu, ketiga yakni kini 60 persen pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta adalah kaum milenilal traveller berdasarkan survei yang dilakukan.

"Karena segmen kita sangat bergeser ke pelanggan yang kategorinya milenial traveller. Karena itu pada tahun ini menjadi atensi khusus Angkasa Pura II dan salah satu program utama adalah milenial airport experience," terang Awaluddin.

Sebagai informasi, aktivitas yang dapat dilakukan di Airport Digital Lounge di antaranya, pelayanan informasi, virtual assistant melalui chat bot, coworking space, digital wayfinding dan juga official airport merchandise store.

Airport Digital Lounge juga dilengkapi dengan robot pintar yang bernama DILO.

Robot pintar DILO tersebut, memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) melalui layar sentuh pada robot.(*)

ARTIKEL POPULER:

Sop Iga Sapi dan Pecel Legendaris Bu Ugi Tawangmangu, Ada Sejak Zaman Presiden Soekarno

DIARY CLOUDRUN: Master ICheef Indonesia

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved