Travel

Melihat Indahnya Pemandangan Jawa Barat di Atas Jalur Kereta Api Peninggalan Belanda

Sabtu, 27 April 2019 14:07 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Awal tahun 2020 nanti, akan hadir sebuah destinasi wisata baru di Garut, Jawa Barat.

Destinasi wisata tersebut hanya bisa dinikmati dengan kereta api khusus yang beroperasi di atas rel peninggalan zaman Belanda.

Jalur kereta api itu sendiri terakhir digunakan pada 1975.

Kereta api tersebut akan berangkat dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Cibatu, dan nantinya akan berakhir di Stasiun Cikajang.

Khusus untuk perjalanan dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Cibatu memakan waktu sekira satu setengah jam.

Sepanjang perjalanan, para wisatawan akan dihadirkan pemandangan alam yang sangat indah dan hanya dimiliki oleh Jawa Barat.

Mata wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan sawah, langit yang luas tanpa tertutup gedung bertingkat, pegunungan yang teduh, ngarai yang dirimbuni pepohonan, serta sejumlah perumahan penduduk yang masih khas.

Kereta api tersebut juga akan melambatkan lajunya ketika melewati jembatan rel kereta api di sepanjang jalur peninggalan zaman Belanda itu, sehingga para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan dari atas ngarai.

Para wisatawan juga akan dihadirkan suasana khas asli perkampungan lewat aktivitas para penduduk di sekitar rel yang masih bertani di sawah atau bercocok tanam di perkebunan jagung dan tanaman lainnya.

Sesampainya di stasiun Cibatu, para wisatawan juga bisa mengunjungi museum kecil seorang komposer, pembuat film, dan aktor komedi Inggris yang terkenal pada era film bisu, Charlie Chaplin.

Di sana para wisatawan akan mendapat informasi dan sejarah menarik mengenai tokoh dunia yang pernah mengunjungi Garut untuk berbulan madu itu.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan akan membangun museum kecil seorang komposer, pembuat film, dan aktor komedi Inggris yang terkenal pada era film bisu, Charlie Chaplin, di Stasiun Cibatu, Garut Jawa Barat guna menunjang proyek reaktivasi rel kereta jalur Bandung-Cibatu.

Edi mengatakan hal tersebut ketika tengah memberikan pemaparan kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di ruang VIP Stasiun Bandung Jawa Barat pada Jumat (26/4/2019).

"Di Cibatu ada sejarah, Charlie Chaplin pernah datang ke sini honeymoon (bulan madu) di Garut. Foto-fotonya ada semua. Kami merencanakan di stasiun Cibatunya ini membangun museum kecil yang menggambarkan Charlie Chaplin sudah berkunjung ke Garut," kata Edi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selain proyek reaktivasi tersebut, pihaknya juga tengah melakukan inventarisasi terkait potensi wisata yang berada di jalur kereta tersebut.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan telah bersepakat untuk menjadikan sejumlah tempat di sekitar proyek reaktivasi jalur kereta peninggalan zaman Belanda tersebut sebagai destinasi wisata baru yang hanya bisa dikunjungi dengan kereta api.

"Karena selain kita melakukan reaktivasi, kita melakukan inventarisasi. Karena sebenarnya potensinya banyak. Karena di sana banyak tempat indah. Kita bersepakat untuk menjadikan tempat destinasi wisata baru yang hanya dikunjungi dengan menggunakan kereta api sehingga eksklusif dan di situ akan lebih tertata dan terjaga," kata Budi.

Reaktivasi jalur kereta api peninggalan Belanda beserta seluruh sistem dan infrastruktur penunjangnya rencananya akan selesai akhir tahun 2019 sehingga diharapkan para wisatawan sudah bisa menikmatinya di awal tahun baru 2020. (*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Jelang Ramadan, Warga Kabupaten Pekalongan Ramai-ramai Cuci Karpet di Sungai

Baca: PB Jaya Raya Gelar Turnamen Bulu Tangkis Internasional

Baca: Mahasiswa Tewas Bunuh Diri karena Menyesal Disunat, Kirim Surat ke Ibu soal Penderitaan

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Reporter: Gita Irawan
Videografer: Gita Irawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Pesona Jawa Barat
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved