Travel

3 Bahaya Pemakaian Wi-Fi Publik di Luar Negeri, Termasuk Sebabkan Pembajakan Media Sosial

Selasa, 16 April 2019 21:36 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Ada dampak yangmembahayakan bagi pelancong yang sering menggunakan Wi-Fi publik saat liburan ke luar negeri.

Saat bepergian jauh, biasanya para pelancong membutuhkan internet untuk bisa menghubungi keluarga dan kerabat yang jauh.

Bahkan koneksi internet juga bisa mempermudah seseorang dalam meng-update pekerjaan di sela-sela perjalanan maupun sekadar untuk eksis di media sosial.

Kebutuhan akan internet ini semakin tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan berwisata.

Internet sangat kita butuhkan sesederhana dalam mencari alamat hotel yang ditinggali serta jalur transportasi yang akan kita lalui menuju tempat wisata.

Ketergantungan dengan internet saat di luar negeri terkadang membuat para pelancong sembarang menghubungkan perangkat pribadi mereka ke jaringan publik yang muncul pada koneksi Wi-Fi.

Para pelancong dapat menjadi korban dari kejahatan siber jika tersambung dengan Wi-Fi publik atau lebih dikenal dengan Wi-Fi gratisan.

Berdasarkan siaran berita yang diterima Tribun Travel dari JavaMifi pada Senin (15/4/2019), terdapat beberapa dampak bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan Wi-Fi publik selama di luar negeri.

1. Pencurian Identitas

Satu di antara cara hacker untuk mencari data adalah dengan menyediakan sebuah spot Wi-Fi yang palsu.

Apabila ada device yang terkoneksi dengan Wi-Fi tersebut, maka dapat dipastikan segala aktivitas browsing bisa dilihat oleh hacker.

Hacker pun akan memiliki data-data privasi kita dan keamanan data-data pribadi akan terancam digunakan untuk hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2. Menyebarnya Virus

Bahaya ketika menggunakan Wi-Fi publik selanjutnya adalah mudah terinfeksi virus seperti malware.

Malware paling mudah menyebar melalui koneksi Wi-Fi yang minim fitur keamanannya.

Virus ini dapat mencuri file penting yang terdapat di dalam perangkat.

Selain Malware ada juga virus Ransomware yang bisa mengambil alih kendali sebuah komputer untuk mencegah penggunanya bisa mengakses datanya dengan membayar biaya tembusan.

Apabila tebusannya tidak dibayar hingga waktu yang telah ditentukan, maka data akan dihapus secara permanen oleh si pembuat ransomware.

3. Pembajakan Media Sosial

Dengan menggunakan wifi publik para hacker bisa memindai dan memindahkan data (nama akun, password, nomor kartu kredit) dari perangkat pengguna ke perangkat para hacker.

Selain itu, hacker juga bisa menggunakan akun media sosial sebagai akses masuk ke situs-situs lain.

Paling bahaya, hacker juga dapat menipu orang-orang terdekat dengan mengaku sebagai kita.

Melihat banyaknya serangan siber yang dapat ditimbulkan dengan tersambung pada wifi publik terutama saat di luar negeri, maka penting bagi para pelancong mulai menggunakan travel wifi yang aman dan terpercaya.

(TribunTravel.com/ Ayumiftakhul)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul 3 Bahaya Pemakaian Wi-Fi Publik di Luar Negeri, Termasuk Sebabkan Pembajakan Media Sosial

ARTIKEL POPULER:

Baca: Diguyur Hujan, Kapolda Metro Jaya Tinjau Langsung Persiapan Pemilu di Kota Depok

Baca: Anggota TNI AL Palembang Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster ke Singapura Senilai Rp 3,5 M

Baca: KPU Kota Pangkalpinang Distribusikan Kotak Suara ke Tujuh Kecamatan

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Aprilia Saraswati
Sumber: TribunTravel.com
Tags
   #Area WIFI   #travelling
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved