Terkini Nasional

Penandatanganan MoU oleh Kementerian ATR dan Optimisme pada Target Penerbitan Sertifikat Tanah

Senin, 15 April 2019 19:24 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Senin (15/4/2019), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama sejumlah lembaga seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa Transmigrasi dan Pembangunan Daerah Tertinggal, PT Taspen (Persero), Badan Penanggulangan Bencana Nasional, dan Universitas Islam Nusantara.

Dalam penandatanganan yang dilakukan di Kantor Kementerian ATR, Blok M, Jakarta Selatan, Menteri ATR Sofyan Djalil mengungkapkan bahwa kerjasama ini akan digunakan pihaknya untuk mencapai target penerbitan sertifikat tanah sebanyak 11-12 juta di tahun 2019.

“Karena memang birokrasi kita bisa digerakkan untuk mencapai yang sebeumnya tak bisa kita bayangkan,” ungkap Sofyan.

Dalam jangka panjang Sofyan mengatakan perjanjian dengan beberapa lembaga ini bertujuan untuk mencapai target pendaftaran semua tanah di Indonesia pada tahun 2025.

“Kerja sama dengan Kemendagri dan Kemendes untuk bekerja sama di bidang yuridis sehingga kami bisa menerbitkan sertifikat tanah, kemudian dengan BNPB agar kita bisa membuat tata ruang yang responsif terhadap mitigasi bencana,” tegasnya.

Sofyan menegaskan perjanjian dengan sejumlah lembaga itu juga untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lain dalam bidang reforma agraria.

“Perjanjian ini penting karena 2025 kita punya target semua tanah Indonesia sudah terdaftar walaupun kita terlambat dibandingkan negara lain seperti Jepang yang sudah selesaikan hal ini 100 tahun lalu, kemudian ada Korea Selatan, dan Taiwan,” pungkasnya.

Dalam acara itu hadir pula Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo. (*)

ARTIKEL POPULER:

Cak Nun Tegaskan Pilihlah Presiden Itu seperti Memilih Suami atau Istri

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Naik Mobil yang Dikira Uber Pesanannya, Seorang Wanita Tewas Dibunuh & Dibuang oleh Sopir

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Rizal Bomantama
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved