KPU Kota Banjarmasin Distribusikan Logistik Pemilu 2019 di Komplek Taman Budaya Kalsel

Sabtu, 13 April 2019 20:40 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - KPU Kota Banjarmasin sudah mulai melakukan distribusi logistik Pemilu 2019 sejak Kamis (11/4/2019) kemaren. Hingga Sabtu (13/4/2019) distribusi tersebut masih berlangsung.

Dari apa yang direncanakan oleh KPU Kota Banjarmasin, segala lositik Pemilu 2019 untuk Kota Banjarmasin dijadwalkan selesai satu hari sebelum hari H. Dalam artian, seluruh logistik telah sampai di TPS sehari sebelumnya.

Kesibukan puluhan pekerja dan relawan pun terlihat di tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019 milik KPU Kota Banjarmasin, di Komplek Taman Budaya Kalsel, Gedung Margasari, Banjarmasin.

Mereka nampak aktif menyiapkan pendistribusian barang ke kecamatan. Beberapa truck yang digunakan sebagai alat transportasi pun terlihat parkir di depan gedung itu.

Para pekerja terlihat berkelompok di dalam ruangan gedung. Mereka mengerjakan tugas yang diberikan. Ada yang mensortir surat suara, memasukan surat suara ke dalam amplop, serta menyatukannya.

Ada pula yang bertugas untuk memasukan amplop yang berisi surat suara ke dalam kotak suara yang sudah disediakan dan bertuliskan penempatan serta jumlah surat suaranya. Surat suara juga dipilah berdasarkan jenis pemilihan.

Pascadimasukan ke dalam kotak suara dan dipastikan jumlah sesuai, pekerja lainnya mulai mengunci kotak suara yang terbuat dari kardus kedap air tersebut. Mereka memberikan kabel tis sebagai pengunci yang kemudian diletakan stiker KPU sebagai segel.

"Untuk membukanya nanti tinggal digunting saja," ujar satu pekerja yang ada di ruangan tersebut, menjelaskan.

Pekerja yang tidak menyebutkan namanya itu juga menyampaikan kalau timnya memasukan surat suara harus sesuai dengan tulisan yang ada di kotak suara. Sehingga para pekerja harus benar-benar mengecek tulisan yang ada pada amplop berisi surat suara dan menyesuaikannya dengan kotak suara yang sudah diberi keterangan.

Tak lupa setiap kotak suara juga dibungkus menggunakan kantong plastik transparan. Komisioner KPU Divisi Tekhnis, Gusti Makmur menyampaikan kalau bungkus tersebut untuk melindungi kotak suara dari air. Terutama hujan.

“Kantong plastik itu untuk melindungi kotak suara agar tidak terkena air. Antisiapsi agar tidak basah. Menjaga hal yang tidak diinginkan. Melakukan pencegahan terlebih dahulu. Jaga-jaga. Selain itu juga sudah jadi prosedur pemindahan,” jelasnya.

Beberapa hari berlangsung, kotak suara telah didistribusikan ke dua kecamatan, yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Tengah. Jika selesai, Gusti Makmur mengatakan akan berlanjut ke Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan.

Lima unit truck juga disediakan untuk distribusi kotak suara itu yang kemudian di packing di Gedung Margasari, Banjarmasin. Para pekerja juga terlihat menaikan kotak suara yang sudah terisi perlengkapan lainnya ke dalam truck.

Gusti Makmur kembali menerangkan, sejumlah kotak suara yang sudah diisi lengkap, baik surat suara dan form serta plano langsung didistribusikan. Mereka juga bekerja sejak pagi hingga malam hari.

Pendistribusian dibagikan ke 1.879 TPS yang tersebar di 52 kelurahan pada lima kecamatan di Banjarmasin. Logistic akan diserahkan ke kecamatan terlebih dahulu, barulah disebar ke TPS-TPS yang ada di wilayah tersebut.

Sementara itu, meski pendistribusian logistik sudah dimulai, tak ia pungkiri masih ada logistik yang kurang. Kemaren sebutnya, Sekretaris KPU Kota Banjarmasin, Husni Thamrin mengambil surat suara tersebut.

Terpisah, Sekretaris KPU Kota Banjarmasin, Husni Thamrin saat dihubungi via telpon menyampaikan kalau dirinya memang sedang mengambil surat suara di Jakarta. Saat ini ujarnya masih dalam proses cetak. Kemungkinan ia berpulang ke Banjarmasin pada Minggu (14/4/2019) sembari membawa surat suara.

"Yang kurang ini surat suara yang kami laporkan rusak kemaren ketika proses pengepakan," jelas Husni.

Sebutnya, sebagian surat suara yang rusak memang sudah diganti. Namun masih belum secara keseluruhan.(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Editor: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved