Selasa, 22 Oktober 2024

Terkini Nasional

Rekaman Detik-detik Jokowi Pulang ke Solo Dikawal 8 Pesawat Tempur Kasih Arahan di Kokpit Boeing 737

Senin, 21 Oktober 2024 20:33 WIB
Warta Kota

Download aplikasi berita TribunX di Play Store atau App Store untuk dapatkan pengalaman baru

TRIBUN-VIDEO.COM — Terekam detik-detik Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dikawal delapan pesawat tempur dari TNI Angkatan Udara (AU) saat pulang ke Solo pada Minggu (20/10/2024) sore.

Momen Jokowi dikawal pesawat tempur itu dibagikan TNI AU pada Senin (21/10/2024).

Ada pun delapan pesawat tempur yang kawal Jokowi yakni empat pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, tiga pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, serta satu pesawat Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11.

Sementara Jokowi sendiri berangkat ke Solo bersama Iriana Jokowi menggunakan pesawat Boeing 737 dengan nomor registrasi A-7309 Skadron Udara 17.

Dalam penerbangan ini, Flight Leader pesawat tempur TNI AU, Letkol Pnb Bambang Aulia “Sphinx” Yudhistira memberikan penghormatan khusus dari kokpit dengan menyampaikan pesan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

Baca: Jokowi Berencana Temui Kawan Lama dan Saudara di Solo, Kaget Dapat Sambutan Meriah!

“Selamat sore yang terhormat Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo. Izinkan kami berbicara dari kokpit pesawat tempur yang mengawal pesawat Bapak dan Ibu dari sebelah kanan dan kiri. Kami adalah Flight pesawat tempur TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 11, Skadron Udara 14, dan juga Skadron Udara 15.”

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami mengucapkan selamat atas purna tugas Bapak sebagai Presiden Republik Indonesia.

Kami mengucapkan terima kasih atas segala karya Bapak dan Ibu dalam memajukan Bangsa Indonesia, terutama dalam memperkuat kemampuan TNI Angkatan Udara.

Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk mengawal Bapak dan Ibu dalam penerbangan bersejarah ini.

Teriring doa kami, semoga Bapak dan Ibu senantiasa diberikan kesehatan serta kebahagiaan di masa purna tugas.

Kami juga mohon doa Bapak dan Ibu agar kami dapat melanjutkan perjuangan Bapak dan Ibu bagi Bangsa ini, dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui TNI Angkatan Udara.”

“Selamat menikmati penerbangan bersejarah ini, salam hormat dari kami para crew TNI Angkatan Udara.

Salam Swa Bhuana Paksa. Terima kasih, Selamat sore.”

Baca: Jokowi Kaget Disambut Ribuan Warga Solo saat Pensiun, Tak Keberatan Meski Berdiri di Atas Maung

Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, membalas penghormatan tersebut dengan mengatakan terima kasih atas dukungan dan pengabdian TNI AU karena sudah menjaga kedaulatan negara. 

“Saya Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya, saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan saudara-saudara. Sekali lagi terima kasih,” ucapnya. 

Sementara saat sampai di kampung halaman, memakai mobil Maung, Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) keliling Solo, Jawa Tengah menyapa ribuan warga yang menantinya saat pulang kampung Minggu (20/10/2024). 

Mobil Maung  yang jadi tumpangan Jokowi bersama Iriana Jokowi ini nampak meninggalkan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Minggu (20/10/2024) sekira 16.20 WIB.

Di sepanjang jalan, terlihat ribuan warga Solo berkumpul menyambut mantan Wali Kota Solo dua periode itu. 

Terlihat dari atas mobil Maung Jokowi membagi-bagikan kaos. Presiden ke-7 RI itu terlihat naik mobil yang dihiasi dengan bunga dan janur kuning.

Janur kuning dibuat gunungan kembar Mayang dan ronce janur nampak menghiasai atap kap mobil tersebut.

Di samping kanan kiri dan belakang mobil juga tak luput dari sentuhan bunga dan janur.

Hiasan janur kuning dan bunga itu di Solo disebut sebagai Ronce Melati. 

Ternyata Ronce Melati yang kerap dipakai pengantin memiliki makna mendalam. 

(*)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Detik-detik Jokowi Dikawal 8 Pesawat Tempur Saat Pulang ke Solo, Kasih Arahan di Kokpit Boeing 737

# pesawat Boeing 737 # Joko Widodo # TNI Angkatan Udara # pesawat tempur # Skadron Udara # TNI Angkatan Udara # pesawat F-16 Fighting Falcon # 

Editor: Wening Cahya Mahardika
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Warta Kota

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved