Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan Masjid Bani Arsyadi Kelurahan Surgi Mufti oleh Gubernur Kalsel

Kamis, 14 Maret 2019 11:54 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah masjid unik dan besar akan dibangun di kawasan Jalan Sungai Jingah Kelurahan Surgi Mukti Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Pembangunannya sudah dimulai dengan ditandai pemancangan tiang pertama oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Rabu (13/3/2019) siang.

Turut hadir dalam acara pemancangan tiang pertama Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Ketua Dewan Mesjid Indonesia Kalimantan Selatan, H Pangeran Rusdi Effendi serta pejabat Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin lainnya.

Tak sekedar melakukan peresmian pemancangan tiang pertama masjid saja, Gubernur kalsel juga menghibahkan dana Rp 1 miliar.

"Saya yakin masjid ini bisa segera selesai nantinya. Karena tidak ada urusan di dunia ini tidak selesai, asalkan kita bahu membahu, termasuk dalam pembangunan mushala menjadi masjid ini," ungkap Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, H Muhammad Hawari menceritakan adapun pembangunan masjid sendiri semula perombakkan dari sebuah mushala yang berdiri ratusan tahun.

Mushala tersebut sebelumnya dibangun oleh Syech Mufti Djamaludin Arsyad Al Banjari di kawasan Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara.

Namun seiring berjalannya waktu, kondisi tersebut sudah lapuk sehingga tidak reprentatif walaupun telah beberapa kali direhab.

"Dan hari ini kami mencoba memberanikan diri memulai pembangunan masjid dari mushala ini dengan melaksanakan pemancangan tiang pertama," jelasnya.

Hawari juga menjelaskan adapun masjid tersebut nantinya berdiri dengan luas bangunan sekitar 207 meter persegi. Berdiri diatas lahan seluas 780 meter persegi pembangunan juga meliputi dermaga.

"Sedangkan untuk pondasi berupa tiang pancang beton prestress berdiameter 50 sentimeter dengan panjang 20 hingga 30 sentimeter," jelasnya.

Sedangkan yang lebih unik lagi, bangunan tersebut menurut Hawari juga akan mengadopsi arsitektur Masjid Madinah.

" Ya, kami berharap dengan telah dibangunnya mesjid ini nanti, tidak hanya menjadi tempat ibadah melainkan juga tujuan wisata religi Kalsel terkhusus Kota Banjarmasin," tutupnya.(banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Editor: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved