Kamis, 24 Oktober 2024

Tribunnews Update

Delegasi Indonesia Mendukung Pembentukan Federasi Mode Internasional BRICS di Moskow

Senin, 14 Oktober 2024 18:18 WIB
Tribun Video

Download aplikasi berita TribunX di Play Store atau App Store untuk dapatkan pengalaman baru

TRIBUN-VIDEO.COM, MOSKOW- Ali Charisma, Pendiri Kamar Mode Indonesia, mengaku kagum pada ajang BRICS + Fashion Summit dan Moscow Fashion Week 2024.

Apalagi dengan terbentuknya Federasi Mode Internasional BRICS dalam acara yang digelar di Kota Moskow, Rusia, pada 3-5 Oktober 2024.

Baca: Busana Nuansa Islami Ditampilkan Perancang dari Region Islam saat Acara Moscow Fashion Week

“Moskow menjadi lokasi yang ideal untuk mempersatukan para pemimpin industri mode karena warisan budayanya yang kaya dan posisi strategisnya sebagai jembatan antara Timur dan Barat,” kata Ali Charisma, ketika ditemui Tribunnews.com di Kota Moskow.

Ali Charisma mendukung terbentuknya Federasi Mode Internasional BRICS di Moskow.  

“Sebuah pilihan yang tepat untuk mendorong kolaborasi dan mendukung pembentukan Federasi Mode Internasional BRICS,” kata Ali Charisma.

BRICS+ Fashion Summit ditutup di Moskow dengan pengumuman penting yaitu para pemimpin dari asosiasi mode di lebih dari 50 negara menandatangani nota kesepahaman untuk membentuk Federasi Mode Internasional BRICS.

Baca: Satu-satunya Perwakilan dari Indonesia! Irma Joeda Tampilkan 24 Rancangan di Moscow Fashion Week

Federasi baru ini berupaya membangun pusat-pusat pengaruh baru, memperkuat hubungan internasional, meningkatkan keberlanjutan industri, dan menyediakan peluang bagi para talenta mode generasi baru untuk berkembang.

Konferensi tingkat tinggi (KTT)  tersebut dihadiri oleh perwakilan dari lebih dari 100 negara, yang memperkuat posisinya sebagai ajang mode terbesar untuk pasar negara berkembang dan pasar mapan.

Sunil Sethi, Ketua Dewan Desain Mode India, mengatakan Kebutuhan akan aliansi mode negara-negara berkembang seperti itu sudah lama tertunda.

Menurutnya, merek, desainer, dan pasar semuanya menghadapi tantangan serupa—mulai dari gangguan rantai pasokan hingga masalah lingkungan—yang lebih mudah dipecahkan bersama.

Sunil menambahkan, dunia mode difokuskan pada beberapa ratus merek global, jadi pasar negara berkembang membutuhkan platform mereka sendiri untuk menyampaikan suaranya.

Nota kesepahaman untuk mendirikan Federasi Mode Internasional BRICS ditandatangani oleh sejumlah tokoh berpengaruh, termasuk para CEO,  pimpinan asosiasi mode dan tekstil, dan pemimpin akademis dari negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, India, Singapura, Vietnam, Afrika Selatan, Rusia, Ethiopia, Mesir, Spanyol, AS, Ghana, Tanzania, Yordania, Ekuador, Paraguay, dan Kenya.

Baca: Cerita Raegita Oktavia & Ali Charisma, 2 Perancang Busana Indonesia Tampil di Moscow Fashion Week

Natalya Sergunina, Wakil Wali Kota Moskow, menyoroti pentingnya inisiatif tersebut.

"Pembentukan Federasi Internasional ini merupakan hasil utama dari KTT Mode BRICS+ baru-baru ini di Moskow. Hal ini sekali lagi menunjukkan tujuan bersama dan potensi pertumbuhan substansial yang kami miliki dengan rekan-rekan global kami," kata Natalya.

BRICS merupakan organisasi kerja sama internasional dari negara Brazil, Rusia, India, China, dan South Africa (Afrika Selatan), di bidang ekonomi. (Tribun-Video.com/Tribunnews/Febby Mahendra Putra)

Baca juga berita terkait di sini

# TRIBUNNEWS UPDATE # BRICS # Moscow Fashion Week # Rusia # fashion show
Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Ariska Nur Choirina
Videografer: Febby Mahendra
Video Production: Dedhi Ajib Ramadhani
Sumber: Tribun Video

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved