Travel

Arsitektur Keraton Surakarta

Sabtu, 2 Maret 2019 14:57 WIB
Tribun Video

Laporan Liputan Magang, Dita Gustiyanti

TRIBUN-VIDEO.COM - Karaton Surakarta Hadiningrat merupakan satu dari ikon yang ada di Kota Solo.

Karaton Surakarta Hadiningrat atau yang lebih di kenal Keraton Solo adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat ini adalah bukti dari perjalanan Indonesia, selain tempatnya yang menarik untuk dikulik serta memilik nilai sejarah yang tinggi, tempat ini juga punya cerita dari segi Arsitekturnya.

Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Dikutip dari Wikimedia Salah satu arsitek istana ini adalah Pangeran Mangkubumi (kelak bergelar Sultan Hamengkubuwana I) yang juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta.

Oleh karena itu tidaklah heran jika pola dasar tata ruang kedua keraton tersebut (Yogyakarta dan Surakarta) banyak memiliki persamaan.

Di Keraton Surakarta juga terdapat menara yang dinamai dengan Panggung Sangga Buwana yaitu menara bersegi delapan yang memiliki tinggi sekitar tiga puluhan meter.

Menara ini sebenarnya terletak di dua halaman sekaligus, halaman Sri Manganti dan halaman Kedaton. Namun pintu utamanya terletak di halaman Kedaton.

Berdasarkan pantauan tim Tribun-Video.com pada Sabtu (02/03/2019) Keraton penuh dengan pengunjung, tak hanya anak-anak, remaja hingga orang tua pun ikut mengunjungi tempat ini.

Warna bangunan yang dominan biru dan putih serta arsitektur gaya campuran Jawa-Eropa membuat bangunan ini semakain menarik para wisatawan, tak heran jika keraton ini selalu ramai pengunjung.(*)

ARTIKEL POPULER

Baca: Cara Edit Foto Promosi Produk yang Instagramable dengan Adobe Spark

Baca: Cara Aktifkan Fitur Kontrol Orangtua di Google Play Store

Baca: Cara Terjemahkan Teks dari Kamera atau Foto

 

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Video
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved