Terkini Daerah

Denpasar Peringkat 4 Kota Layak Huni di Indonesia

Selasa, 12 Februari 2019 17:08 WIB
Tribun Bali

TRIBUN-VIDEO.COM - Beragam prestasi di raih Kota Denpasar di awal tahun 2019 ini, setelah sebelumnya terpilih menjadi Kota Sehat Dunia dan Kota Besar Cerdas se-Indonesia, kini Denpasar kembali mendulang prestasi dan menjadi peringkat 4 sebagai Kota Layak Huni di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementrain Agraria dan Tata Ruang RI.

Hal ini menjadikan Denpasar sebagai satu-satunya kota yang paling layak di huni di wilayah Provinsi Bali.

Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Agraria dan Tata Ruang RI merilis hasil survei independen sepekan lalu.

Survei dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi di tanah air. Setiap kota diwakili 100 hingga 200 warga sebagai responden.

Hasilnya, 66,9 persen responden menilai Solo adalah kota paling layak huni di Indonesia. Disusul Palembang, Balikpapan dan Denpasar dengan persentase masing-masing 66,6 persen, 65,8 persen dan 65,5 persen.

Tangerang Selatan, Semarang dan Banjarmasin mengekor di peringkat selanjutnya. Dimana terdapat beberapa aspek memuaskan sebuah kota menurut masyarakat, yakni pangan, tempat ibadah, air bersih, kesehatan, dan pendidikan.

Keberhasilan Kota Denpasar menjadi kota layak huni tentu tek lepas dari komitmen pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait yang senantiasa bersinergi dalam pembangunan kota.

Lebih lanjut dikatakan, Kota Denpasar secara berkelanjutan terus melaksanakan pembangunan yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Hal ini diwujudkan dengan konsisten dan berkelanjutan dalam penyediaan ruang publik seperti youth park, taman lalu lintas, taman kota, serta ruang publik lainya. Fasilitas pendidikan, ibadah, kesehatan serta pangan yang keseluruhanya terpadu serta terintegrasi hingga tingkat terbawah dengan sistem pengelolaan berbasis teknologi.

Diharapkan pula dengan adanya indeks Kota Layak Huni ini menjadikan Denpasar sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. (TribunVideo/Ignatius Agustha)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Denpasar Peringkat 4 Kota Layak Huni di Indonesia

ARTIKEL POPULER:

Baca: Live Streaming Babak Kedua Newcastle Jets Vs Persija Jakarta, Skor Masih Imbang Sama Kuat

Baca: Ammar Zoni dan Irish Bella Resmi Bertunangan Keduanya Kenakan Baju Bernuansa Hijau Tosca

Baca: Angin Kencang Hancurkan 11 Rumah di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir Kabupaten HSU

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ignatius Agustha Kurniawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved