Kabar Seleb

Anji Merasa Bukan RUU Permusikan, Tapi Draf RUU yang Mengundang Pro Kontra

Kamis, 31 Januari 2019 22:39 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUN-VIDEO.COM - Beberapa waktu belakangan ini Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan menjadi perbincangan para musisi tanah air.

Ada beberapa pasal yang dianggap menghalangi kreativitas dari musisi dalam menciptakan semua lagu.

Salah satu musisi tanah air Erdian Aji Prihatanto atau Anji merasa bukan RUUnya namun draf RUU yang menjadi pro kontra sebagian musisi.

Menurut mantan vokalis band Drive ini ada dua hal yang dikritisi oleh para musisi tanah air.

"Salah satunya pasal 5 dan 50 yang berkaitan dengan cara menciptakan musik dan buat beberapa musisi itu agak aneh," ujar Anji dikawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Anji sendiri merasa seharunya RUU permusikan bukan mengatur bagaimana cara berkreasi namun bagaimana melindungi hak dan kreasi itu.

"Itu yang lebih penting dan undang-undangnya kan udah ada sebenarnya tapi tinggal disempurnakan juga tinggal dijalankan," katanya.

Selain itu juga pasal 32 yang bertujuan untuk menguji kelayakan seorang musisi, pria berumur 40 tahun itu merasa tidak semua musisi bisa melakukan hal itu.

"Setau saya ada 3, madya-menengah-utama. Jadi ada yang memainkan lagu, membaca not balok dan yang menuliskan not balok. Saya rasa tidak semua musisi bisa melakukan itu," kayanya.

"Apakah kalo kita tidak bisa mengikuti itu, jadi kita tidak diakui profesinya sebagai musisi. Itu buat kami para musisi yang mengkritisi, itu adalah hal yang perlu diperhatikan dan juga beberapa pasal lainnya," lanjutnya.

Namun, meski kedua pasal itu mengundang banyak kritikan, menurut Anji keduanya masih dapat diperbaiki lagi dan ia merasa pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap dunia musik.

"Tapi hal kedua yang perlu diingat adalah ini masih draf RUU dan DPR membuka kesempatan para musisi untuk mengkritisi dan mengapresiasi draf RUU Permusikan itu. So, jadi kita harus hargain juga bahwa mereka juga memperhatikan lebih dunia musik," katanya. (*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Mengaku Kecewa dengan Ahok dan Singgung Veronica Tan, Pengusaha Ini Tulis Surat Terbuka

Baca: Berawal Dengar Suara Desahan, Suami Murka Pegoki Istrinya Tidur dengan Berondong

Baca: Segenap Hadirin Harlah NU ke 93 Mendoakan Presiden Jokowi Menang Pilpres

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Reporter: wahyu firmansyah
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #RUU Permusikan   #Anji
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved