Terkini Nasional

Megawati Sampaikan ke Kader soal Pentingnya Mitigasi Bencana Alam

Minggu, 13 Januari 2019 13:03 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan kadernya tentang pentingnya mempelajari mitigasi soal bencana alam.

Secara khusus, Megawati juga mendorong kadernya yang duduk di eksekutif dan legislatif untuk meminimalisasi dampak bencana.

Hal itu disampaikan Megawati saat penutupan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) dan HUT ke-46 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

"Satu hal yang ingin saya ingin ingatkan. Untuk daerah, mulai sekarang, karena kami sudah mulai merencanakan hal itu," kata Megawati.

Presiden ke-5 RI ini juga mengatakan, sudah berbicara langsung dengan putrinya sekaligus Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tetang metigasi bencana.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemerintah agar membuat suatu gerakan masif soal kebencanaan, mengingat Indonesia berada di jalur Ring of Fire atau cincin api.

"Tentu nanti ada ketentuannya bagaimana cara-cara untuk menyelamatkan warga yang daerahnya mengalami bencana. Bukan setelah bencana terjadi, teapi ketika early warning systemnya itu sudah diberitakan," terang Megawati.

Selan itu, Megawati juga berpesan kepasa seluruh kepala daerah dari PDIP agar memperhatikan soal metigasi bencana.

Ia bahkan langsung bertitip pesan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar memperhatikan soal sesar di Semarang, Jawa Tengah.

Megawati juga meminta kepada kepala daerah agar terlibat dan terus berkordinasi dengan lembaga kegeologian termasuk BMKG untuk mengetahui ancaman bencana.

"Seperti Pak Ganjar itu ada sesar di Semarang, ada kendeng dan sebagainya. Monggo nanti diamati dengan baik dilihat titik-titik merahnya yang berbahaya dan harus bagaimana upaya untuk mengurangi korban yang ada," jelas Megawati.(*)

ARTIKEL POPULER

Baca: Viral Warga Aceh Buat Paspor untuk Pergi ke Jakarta, Perbandingan Harga Tiket Pesawat Jadi Sorotan

Baca: Ganjar Pranowo Tanggapi Kubu Prabowo yang Bangun Posko Dekat Rumah Jokowi

Baca: Puting Beliung Terjang Glagah Lamongan, Tenda Pelaminan Warga Ikut Roboh dan Rusak

 

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved