Terkini Daerah

Pasca-kejadian Angin Puting Beliung di Rancaekek, Sejumlah Warga Masih Ketakutan

Jumat, 11 Januari 2019 20:37 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM - Pascakejadian angin puting beliung yang terjadi di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, pada Jumat sore (11/1/2019), sejumlah warga masih mengalami ketakutan.

Menurut pantauan Tribun Jabar di lokasi kejadian, sejumlah warga, terutama kaum ibu, tampak syok saat melihat bagian rumah yang rusak dan kondisinya berserakan setelah diamuk angin puting beliung.

Mulyani (60), warga Perumahan Rancaekek Permai 2, tampak berurai air mata saat melihat bagian depan serta belakang rumahnya yang mengalami kerusakan.

Beberapa menit sebelum kejadian kira-kira pukul 15.15 WIB, Mulyani melihat awan hitam menggelayut di langit Rancaekek.

Ia hanya berpikiran akan turun hujan deras seperti biasanya.

Namun dugaannya meleset. Saat berada di dalam rumah, ia mendengar tiupan angin yang sangat kencang.

Ketika membuka pintu, benar saja angin menyerupai belalai gajah terlihat jelas mendekati.

"Saya pikir itu suara apa, saya buka pintu ada angin kencang, buru-buru tutup pintu. Saya posisi sedang bersama anak saya," kata Mulyani kepada Tribun Jabar.

Selama angin puting beliung mengamuk, tak henti-hentinya Mulyani berdoa meminta angin puting beliung segera berhenti.

Lima belas menit kemudian, angin puting beliung pun menjauh.

Akibat angin puting beliung, beberapa bagian rumah miliknya, yakni atap belakang, atap depan, dan tembok pembatas mengalami kerusakan.

Kerugiannya ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

"Yang penting selamat, saya tidak luka. Cuma kaget saja. Tidak akan mengungsi juga, di sini aja, sebagian masih utuh, mudah-mudahan aman," katanya saat tengah merapikan genting yang berserakan.

Warga lainnya mengatakan, Ade (45), mengatakan, angin puting beliung berputar dari arah timur, kemudian datang kembali dari arah selatan.

"Saya lihat jelas, pokonya itu ngeri sekali, saya langsung mencoba selamatkan anak dan istri," katanya.

Menurut pantauan Tribun Jabar, warga tampak bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan.

Humas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, mengatakan, wilayah terdampak bencana angin puting beliung selain Perumahan Rancaekek Permai 2, yakni Kampung Babakan Jawa, Perumahan Kencana, Kampung Sapan, dan Kampung Ciherang.

"Saat ini kami tengah fokus evakuasi ke lokasi kejadian," katanya.

Fenomena angin puting beliung yang melanda Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore, merusak puluhan rumah di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angin puting beliung yang terasa oleh warga Perumahan Rancaekek Permai 2, Kabupaten Bandung, terjadi pada pukul 15.30.

Akibat 'amukan' angin puting beliung, atap dan asbes rumah milik warga terlihat berserakan baik di halaman rumah, jalan, dan lapangan terbuka.

Itin (56), Warga Perumahan Rancaekek Permai 2, mengatakan, angin puting beliung yang mengamuk di Kecamatan Rancaekek, terjadi dalam waktu 15 menit disertai hujan dan awan hitam.

"Saya lihat jelas, angin datang dari arah timur dan selatan," kata Itin kepada Tribun Jabar, Jumat (11/1/2019).

Akibat angin puting beliung, kata Itin, telah menghancurkan bagian belakang rumah yang, itu terlihat tembok pembatas setinggi tiga meter ambruk dan berserakan hingga ke halaman tengah.

"Padahal bagian belakang itu lagi dibangun, hancur semua," katanya.

Dalam video kiriman warga Perum Kencana, Rancaekek, Kabupaten Bandung angin kencang yang disebut-sebut sebagai angin puting beliung tampak memporakporandakan lingkungan di sekitarnya.

Tak hanya benda-benda ringan seperti plastik atau kertas saja yang terlihat beterbangan, beberapa pohon dan bambu juga terlihat bergerak-gerak kencang akibat angin puting beliung itu. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Mulyani Menangis Melihat Rumahnya Rusak Diamuk Angin Puting Beliung, Warga Rancaekek Permai Syok

ARTIKEL POPULER:

Ditanya Pilih Jokowi atau Prabowo, Begini Jawaban dan Saran Cak Nun

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Video Detik-detik Personel Band Seventeen Diterjang Tsunami di Banten saat Tampil, 2 Orang Meninggal

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Purwariyantoro
Sumber: Tribun Jabar
Tags
   #puting beliung   #Rancaekek
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved