Penanaman Bambu dan Meranti di Taman Miniatur Hutan Tropis Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru

Jumat, 11 Januari 2019 17:54 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Dinas kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penananam serentak bambu dan meranti di kawasan Miniatur Hutan Tropis di Setdaprov Kalsel Banjarbaru, Jumat (11/1/2019).

Penanaman serentak tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan unsur pejabat SKPD Pemprov Kalsel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengatakan penanaman ini adalah bagian nyata dari revolusi hijau yang Kalsel terus gelorakan.

"Menanam untuk anak cucu kita," kata pria yang disapa Paman Birin.

Sementara itu, Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan bahwa yang ditanam serentak oleh ASN di Pemprov Kalsel hari ini adalah jenis pohon bambu dan meranti.

"Jenis bambu kali ini yang ditanam adalah jenis bambu golden atau bambu hias," kata Hanif.

Masih menurut dia, Potensi Bambu di Kalimantan Selatan seluas 3000 Ha dengan terbanyak di Kab HSS Kecamatan Loksado.

Sementara Pengembangan Budi daya Bambu yang dilaksanakan Dinas Kehutanan Prov Kal Sel 2018, kemarin sudah melakukan Arboretum di Tahura sebanyak 823 pohon dengan 22 jenis bambu bambu Penanaman di Desa Kiram seluas 40 Ha dengan 6.250 tanaman bambu.

"Nah kali ini. Penanaman bambu serentak bersama Gubernur dan di lingkungan kantor masingz SKPD prov Kal Sel sebanyak 400 batang," kata Hanif.

Selain itu juga ada Optimalisasi Pemanfaatan Bambu, dengan Pengembangan DEsa seribu bambu di desa Lumpangi Kecamatan Loksado.

Juga ada Pembentukan Forum HHBK semua Kabupaten melalui KPH serta Pengembangan produk pengolahan tusuk sate.(banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Editor: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Meranti   #Gubernur Kalsel   #bambu
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved