Terkini Nasional

Strategi Menguatkan Rupiah Berhasil, Bank BI Dipuji Jokowi

Selasa, 27 November 2018 19:32 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Bank Indonesia (BI) dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melalui penaikan suku bunga acuan dari 5,75 persen menjadi 6 persen dalam Rapat Dewan Gubernur medio November lalu.

Langkah itu, dinilai Kepala Negara sebagai bentuk keputusan tegas bank sentral dalam membentengi kurs rupiah agar tidak ambles makin dalam sekaligus mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global.

"Persepsinya Bank Indonesia menunjukkan ketegasan, menunjukkan determinasinya untuk membentengi rupiah. Dalam bahasa keseharian kita bisa disebut taringnya BI keluar," kata Jokowi saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Balai Sidang Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Kepala Negara menambahkan, keberanian itu sangat dibutuhkan dalam menghadapi kondisi perekonomian global yang masih diliputi ketidakpastian.

Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia itu juga merupakan langkah mengejutkan di tengah presepsi beberapa ekonom yang menganggap bank sentral akan menahan suku bunga acuannya pada bulan ini.

“15 November lalu Gubernur BI dan jajarannya kembali tunjukkan keberaniannya memberikan kejutan pada pasar dengan kembali menaikkan suku bunga BI 0,25 persen atau 25 bps menjadi 6 persen. Yang saya anggap berani itu bukan besarnya kenaikan tapi kejutannya itu," ucapnya.

Presiden juga berharap, industri keuangan dapat mengantisipasi kenaikan suku bunga acuan tersebut dan pasar dapat menerima dengan positif.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Presiden Jokowi Puji Jurus Bank Indonesia Stabilkan Kurs Rupiah

ARTIKEL POPULER

Baca: Rupiah dan IHSG Menguat Awal Pekan Ini

Baca: Kata Sandiaga Uno Soal Pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS

Baca: Rupiah Bergerak Stabil, BI: Confident Pasar Cukup Baik

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Syahrizal Sidik
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved