Mancanegara

TKW Dieksekusi Mati di Arab, Jokowi: Kita Sedang Melakukan Protes

Rabu, 31 Oktober 2018 13:13 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia telah menyampaikan protes kepada pemerintah Arab Saudi, terkait eksekusi mati Tuti Tursilawati (33), TKW asal Majalengka, Jawa Barat, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Presiden mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, tidak mendapatkan pemberitahuan awal tentang akan dieksekusi Tuti karena kasus pembunuhan majikannya.

"Kita sudah menelepon menteri luar negeri Arab Saudi, protes soal eksekusi itu. Saat ke sini minggu lalu sampaikan ke menlu Arab soal ini perlindungan TKI di sana," ujar Jokowi di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

"Menurut Jokowi, permintaan agar memberitahu soal eksekusi pekerja asal Indonesia di Arab telah disampaikan berulang kali di setiap kesempatan, bahkan pernah menyampaikan langsung ke Putra Mahkota," Arab Saudi.

"Ini kan sudah berulang disampaikan langsung ke Sri Baginda Pangeran Muhammad (bin Salman), Menteri Luar Negeri sudah berkali kali, dubes juga terus lakukan upaya itu," ucap Jokowi.

Baca: TKI Dieksekusi Mati tanpa Pemberitahuan, Arab Saudi Dikecam Komnas HAM

Jokowi pun menyampaikan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan berkali-kali setiap bertemu dengan Menlu Arab Saudi terkait pekerja asal Indonesia.

"Dan juga kita sudah memanggil dubes Indonesia untuk Arab untuk sampaikan kembali protes kita, karena tidak adanya notifikasi kemudian juga kementerian luar negeri saya perintahkan beri fasilitas bagi keluarga bu Tuti ke sana sebanyak tiga kali," papar Jokowi.

Tuti merupakan TKW asal Desa Cikeusik, Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat, yang bekerja sebagai TKW di Arab Saudi dan telah dieksekusi mati oleh pemerintahan Arab pada Senin (29/10/2018) waktu setempat.

Wanita berumur 33 tahun tersebut dieksekusi mati karena diduga membunuh majikannya, Suud Malhaq Al Utibi, dimana peristiwa tersebut terjadi di rumah majikannya yang berada di Kota Thaif, Arab Saudi, pada 2010.

Simak video di atas. (Tribunnews.com / Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul ‎Eksekusi Mati TKW Tanpa Pemberitahuan, Presiden Joko Widodo Protes ke Arab Saudi

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Reporter: Seno Tri Sulistiyono
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Jokowi   #Eksekusi mati   #Arab Saudi
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved