Gempa Cianjur

9 Orang Korban Gempa di Cijedil Cianjur Masih dalam Pencairan, Cari di 3 Titik Berbeda

Senin, 28 November 2022 14:50 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM - Tim SAR gabungan kembali menemukan dua jenazah di Cijedil RT 03, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022).

Korban pertama ditemukan pada pukul 10.10 WIB berjenis kelamin laki laki dewasa menggunakan jaket kulit hitam dan celana jins sedangkan korban kedua  ditemukan pukul 10.11 WIB seorang anak perempuan menggunakan baju warna ungu dan celana training warna hitam.

Info dari warga  korban merupakan ayah dan anak, selanjutnya korban dibawa ke RSUD Sayang.  Dengan demikian korban tersisa 9 orang.

Koordinator lapangan Tim Bravo Basarnas, Ikhsan Alwi mengatakan kedua jenazah korban gempa yang berhasil diketemukan satu jenazah berjenis kelamin laki-laki dan satu jenazah lainnya anak-anak berjenis kelamin perempuan.

"Korban pertama ditemukan pukul 10.10 WIB berjenis kelamin laki laki dewasa menggunakan jaket kulit hitam dan celana jeans. Sedangkan korban kedua ditemukan pukul 10.11 WIB seorang anak perempuan menggunakan baju warna ungu dan celana training warna hitam," ucapnya.

Kedua jenazah yang berhasil ditemukan tim SAR gabungan itu, kata dia, merupakan satu keluarga, yaitu ayah dan anaknya.

Baca: Tim SAR Temukan 1 Jenazah Diduga Anggota Polri Penumpang Helikopter yang Jatuh di Belitung Timur

"Infomasi dari warga korban merupakan ayah dan anak, selanjutnya korban dibawa ke RSUD Sayang. Sehingga korban yang masih dalam pencarian sebanyak 9 orang," katanya.

Dia mengatakan, saat kali pertama ditemukan korban yang laki-laki dewasa dalam posisi tengkurap dan korban anak berada tepat di sebelah kirinya.

"Posisi ayahnya itu tengkurap, si anak ada di sebelah kirinya dan dalam posisi berpelukan," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam upaya proses pencarian korban korban hilang tersebut petugas gabungan terkendala dengan ketebalan lumpur, dan aroma tidak sedap yang tercium di sekitar pencarian.

Diberitakan sebelumnya, pencarian 11 warga yang masih hilang akibat gempa Cianjur dilanjutkan hari ini di tiga titik berbeda, Selasa (28/11/2022).

Data dari pusat posko utama hingga pagi ini sudah 321 warga meninggal dunia, 703 orang luka-luka, mengungsi 73.693 orang, dan masih dalam pencarian 11 orang.

Koordinator misi SAR, Junatil SE MN mengatakan berdasarkan hasil briefing pelaksanaan operasi SAR kemarin diperkirakan masih terdapat 11 korban dalam pencarian.

"Maka kami sepakat memperpanjang operasi SAR selama 3 hari ke depan dari 28 sampai 30 November 2022."

Baca: Tim SAR Gabungan Kembali Temukan 2 Jenazah Korban Gempa Tertimbun Longsoran di Cianjur Jawa Barat

"Hari ini tim SAR gabungan melaksanakan debriefing bersalama seluruh potensi SAR, hadir pula Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Dr Raditya Jati SSi MSi pada pelaksanaan debriefing di Posko Basarnas," ujar Jumaril.

Ia mengatakan, hari ini tim masih melaksanakan pencarian terhadap 11 korban dengan 3 worksite seperti hari sebelumnya yaitu worksite 1 Warung Sate Sinta dengan 176 personel, 5 search dog dan 4 personil  Technical Search (Life Detector)

Lalu worksite 2 di Desa Cijedil RT 03/01 Kecamatan Cugenang dengan 134 personel  dan 4 Search Dog serta 4 personel Technical Search (Life Detector).

Titik ketiga worksite di Kampung Cicadas Desa Cijedil Kecamatan Cugenang dengan 62 personel, 2 Search Dog dan 4 personel technical Search (Life Detector).

"Selain kegiatan pencarian dan pertolongan ada juga dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral," katanya. (fam)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 2 Jenazah Korban Gempa Cianjur Ditemukan, Masih Ada 9 Orang Lagi yang Sedang Dicari

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Lulu Adzizah F
Sumber: Tribun Jabar

Tags
   #gempa   #Cianjur   #korban   #Tim SAR
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved