Terkini Nasional

Update Gempa Cianjur 26 November: Tim SAR Gabungan Temukan 8 Jasad, Korban Meninggal Jadi 318 Orang

Minggu, 27 November 2022 07:38 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sabtu (26/11/2022) kemarin, Tim SAR Gabungan menemukan sebanyak 8 korban akibat gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) lalu.

Ke-8 korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia tertimpa reruntuhan bangunan dan longsor.

Dengan ditemukannya 8 korban jiwa, hingga Sabtu (26/11/2022) malam tercatat jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur menjadi 318 orang.

Sebelumnya korban meninggal akibat gempa Cianjur tercatat 310 orang.

"Korban jiwa yang meninggal dunia 318 orang," ujar Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan pers seperti dilansir dari YouTube BNPB Indonesia.

"Adapun hasil pencarian hari ini, 8 jiwa per 17.00 WIB sore tadi," sambungnya.

Fajar melanjutkan ada dua korban yang kemarin ditemukan di dekat warung sate Shinta, Cianjur.

Sementara itu sebanyak 14 orang dilaporkan masih hilang atau dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

"Sedangkan korban hilang atau yang berstatus dalam pencarian, 14 jiwa. Dengan rincian 24 jiwa dikurangi 8 pencarian hari ini, dan 2 korban (ditemukan) di Warung Shinta yang kemarin merupakan warga Cijedil," jelasnya.

Kemudian, korban luka-luka akibat gempa Cianjur berjumlah 7.729 orang.

Selanjutnya warga yang mengungsi sebanyak 73.693 orang.

Korban Diperkirakan Terus Bertambah

Sementara itu, Plt Kapusdatin BBNPB Abdul Muhari menyebut data korban meninggal dunia Gempa Cianjur bisa bertambah seiring pencarian yang dilakukan hari ini.

Data terbaru korban, bakal terus diperbaharui.

Lokasi dan cuaca disebut Muhari berpengaruh pada proses pencarian korban. Untuk itulah, data juga disebut berpotensi berubah.

Termasuk yang meninggal dunia.

Selain itu, menurut BNPB, data bisa berubah lagi lantaran masih banyak warga yang ternyata masih belum melaporkan anggota keluarga yang hilang usai gempa Cianjur yang terjadi Senin lalu tersebut.

"Dari 39 korban hilang pada hari sebelumnya, sudah ketemu 19. Kemarin di Warung Shinta, dari laporan warga ada 7 orang hilang, tapi tim menemukan 9, data berubah, pencarian terus dilakukan," kata Muhari Sabtu (26/11/2022) dikutip dari Kompas.TV.

"Artinya, bisa jadi masih ada korban hilang belum terlaporkan oleh keluarga," sambung Muhari.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warga yang masih belum bertemu atau kehilangan anggota keluarga untuk segera melapor ke BNPB atau petugas terkait supaya segera dilakukan pemetaan dan pencarian.

"Kami imbau warga yang keluarganya belum kembali, melaporkan langsung di pendopo utama di Bupati," tambahnya.

Fokus Pencarian di Dua Tempat

Muhari menyatakan fokus pencarian korban gempa Cianjur tetap akan berfokus di dua titik terparah, yakni di Cijedil dan sepanjang jalan Warung Sate Shinta Cianjur.

"Warung Shinta perlintasan itu padat. Itu masih ada tersembunyi. Masih banyak korban di titik pencarian itu. Jadi nanti kami berusaha agar korban bisa ditemukan, bagaimana pun kondisinya," jelasnya.

Dia menyebutkan, kondisi cuaca berpengaruh pada pencarian korban gempa beberapa hari terakhir.

"Kondisi hari ini, awannya cukup tebal ya. Kita doa sama-sama sampai sore nanti, kalau berawan tidak sampai turun hujan. Secara umum kondisi berawan dan cukup baik," paparnya.

BNPB juga mengimbau agar masyarakat yang ingin membantu korban gempa Cianjur agar menghubungi posko utama, untuk memudahkan pendistribusian logistik dan bantuan lainnya.

"Pertama barang dan logistik, di posko utama bupati nanti kita cek dan distribusi. Untuk donasi uang bisa ke rekening Pemkab Cianjur. Untuk bantuan personel, bisa daftar dan nanti didata kebutuhannya," tutupnya.

Adapun gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB.

Saat ini, tercatat ada 310 korban meninggal dunia dan ribuan rumah rusak. (*)

Sumber: Tribun Jakarta/Kompas.TV/Tribun Solo

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul UPDATE Gempa Cianjur: Kemarin Tim SAR Gabungan Temukan 8 Jasad, Korban Meninggal Jadi 318 Orang

# gempa Cianjur # gempa bumi di Cianjur #Korban Gempa Cianjur # jenazah korban gempa # Tim SAR gabungan # Evakuasi Korban Meninggal

Editor: Wening Cahya Mahardika
Video Production: Tegar Melani
Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved