Gempa Cianjur

BNPB Imbau Keluarga Korban untuk Segera Urus Surat Kematian sebagai Syarat Ajukan Santunan

Kamis, 24 November 2022 21:48 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meminta kepala desa yang ada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk membantu masyarakat yang anggota keluarganya meninggal dunia akibat bencana gempa bumi untuk mengurus surat pernyataan kematian.

Surat pernyataan kematian tersebut dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan tempat korban tinggal.

"Sementara yang merasa anggota keluarganya meninggal, apakah itu sudah dimakamkan atau dimakamkan petugas, agar segera melengkapi surat pernyataan kematian yang dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan setempat. Ini mohon kepala desa membantu," kata Suharyanto dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Kamis (24/11/2022).

Suharyanto menegaskan bahwa surat kematian tersebut jadi syarat mendapatkan bantuan seperti santunan atau asuransi jiwa.

"Kenapa perlu, karena menyangkut terkait bantuan dan santunan atau asuransi jiwa, itu semua syaratnya adalah surat kematian dari fasilitas kesehatan setempat," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan perkembangan per Kamis (24/11/2022) jumlah korban meninggal dunia bencana gempa bumi Cianjur tercatat sebanyak 272 orang.

Adapun dari 272 jenazah tersebut, 165 diantaranya sudah berhasil teridentifikasi. Sementara sisanya yakni 107 jenazah masih dalam proses.

Di sisi lain, BNPB mencatat masih ada sebanyak 39 orang dinyatakan hilang. Berdasarkan informasi yang didapat, 32 dari 39 orang yang hilang tersebut seluruhnya adalah warga Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Sedangkan 7 lainnya adalah warga yang tengah melintas dan tertimbun longsoran tanah. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BNPB Imbau Keluarga Korban Gempa Cianjur Segera Urus Surat Kematian untuk Syarat Terima Santunan

Baca: Akhirnya Ditemukan, Sopir dan 3 Penumpang Angkot Warna Biru Selamat dari Gempa Cianjur Jawa Barat

Baca: Update Korban Meninggal Gempa Cianjur, Kini Menjadi 272 Jiwa, 107 di Antaranya Belum Teridentifikasi

#beritaterkini #beritaterbaru #beritahariini #gempacianjur #gempabumicianjur

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Muhamad Rakan Syaifullah
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #BNPB   #Surat kematian   #santunan
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved