Terkini Daerah

14 Titik Parkir dengan Kapasitas 6.030 Unit Kendaraan Disiapkan untuk WSBK Mandalika 2022

Senin, 10 Oktober 2022 20:19 WIB
Tribun Lombok

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Lalu Helmi

TRIBUN-VIDEO.COM, MATARAM - Pengelola Sirkuit Mandalika terus bergerak mempersiapkan yang terbaik demi suksesnya event World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika 11-13 November 2022.

Guna mengurai kemacetan dan memberikan rasa nyaman kepada penonton, pengelola menyiapkan sejumlah kantong parkir representatif di dalam dan luar area sirkuit.

Corporate Secretary Mandalika Grand Prix Association ( MGPA) Joko Santosa mengatakan ribuan kantong parkir kendaraan penonton di dalam area Sirkuit Mandalika ini dibagi menjadi 14 titik.

"Titiknya sesuai peta itu dari titik A hingga N. Itu terdapat di bagian barat tengah (dalam sirkuit), timur, utara dan bagian selatan sirkuit," kata Joko Santosa saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Minggu petang (9/10/2022).

Baca: Penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 Lebih Mudah Ketimbang 2021, Begini Penjelasannya

Dijelaskannya, dari 14 titik tersebut terbagi menjadi 5 lokasi parkir di dalam area Sirkuit Mandalika dengan radius 300 meter menuju tribun penonton.

Parkir disiapkan baik untuk penonton VIP, VVIP, grand stand dan festival.

Dari titik parkir barat di dalam Sirkuit Mandalika dibagi menjadi 8 titik. Untuk titik A bisa menampung 233 kendaraan roda empat, titik B 477 kendaraan, titik C 289 kendaraan.

Titik D 1.362 kendaraan, titik E 489 kendaraan, titik F 568 kendaraan, titik G 1.081 kendaraan dan titik L mencapai 78 kendaraan.

Di sisi utara bagian dalam Sirkuit Mandalika tersebar menjadi 4 titik parkir. Khusus titik H bisa mencapai 221 unit kendaraan, dan titik I 728 kendaraan plus 94 kendaraan bermotor.

"Untuk di bagian tengah sirkuit itu ada dua titik. Yaitu titik N dan M. Di titik M itu mencapai 95 kendaraan dan N 460 kendaraan khusus pelaku UMKM yang akan berjualan nanti," kata Santos, sapaan akrab Joko Santosa.

Sedangkan di bagian selatan Sirkuit Mandalika tersebar dua titik parkir. Baik di titik J dan K masing-masing dapat menampung 380 kendaraan dan 298 kendaraan.

"Untuk di sisi Timur itu ada dua titik yaitu bagian P dan O capai 328 kendaraan ditambah 82 kendaraan," katanya.

Pada intinya, 5 lokasi parkir di dalam Sirkuit Mandalika yang tersebar menjadi 14 titik tersebut untuk mengurai kemacetan yang sebelumnya terjadi pada event MotoGP bulan Maret tahun 2022.

"Kita pastikan tahun ini management traffic jauh lebih baik. Apa parkir di dalam ini berbayar atau gratis sedang kami bahas," ujar Santos.

Baca: Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Mataram Meningkat 22,05 Persen, Polisi Atensi Jelang WSBK 2022

Sementara Komandan Lapangan WSBK tahun 2022 Jamaluddin Maladi mengatakan pihaknya akan memastikan kendaraan yang akan memasuki area Sirkuit Mandalika tidak akan mengalami kemacetan saat event WSBK 2022 bulan depan.

"Sekarang kita sudah perbaiki bypass dua jalur dan 4 lajur di depan Sirkuit Mandalika. Baik dari arah timur ke barat jalan sudah diperbaiki," kata Jamal.

Dia menargetkan 45 ribu orang yang akan menonton event WSBK nanti. Lokasi parkir juga disiapkan di Masjid Nurul Bilad KEK Mandalika dan Bundaran Songgong KEK Mandalika.

"Saya kira kantong-kantong parkir yang sudah dibuat ini akan cukup menampung kendaraan. Untuk biaya parkir ini apa berbayar atau tidak sedang kita diskusikan dengan MGPA, ITDC dan Pemprov NTB," kata Jamal.

Jamal menambahkan, kini jalan menuju Sirkuit Mandalika dari Simpang Songgong yang dulunya hanya satu jalur saat ini sudah bypass, dengan 2 jalur dan 4 lajur.

Dia menjamin, saat WSBK Mandalika 2022 bulan depan sudah tidak ada kemacetan lagi.

"Dengan target penonton WSBK 45.000, insyaAllah kantong parkir yang ada baik di parkir timur, parkir barat dan di dalam sirkuit akan mampu menampung penonton yang hadir," jelasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunLombok.com dengan judul 14 Titik Parkir dengan Kapasitas 6.030 Unit Kendaraan Disiapkan untuk WSBK Mandalika 2022

# Parkir # WSBK # Mandalika # Lombok # NTB

Editor: bagus gema praditiya sukirman
Video Production: Lalu Yusuf Wibisono
Sumber: Tribun Lombok

Tags
   #parkir   #WSBK   #Lombok   #Sirkuit Mandalika
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved