Liga 2

Cetak Sejarah hingga Terkapar di Meja Operasi, Inilah Karier Syaiful Indra Cahya di Persipura

Jumat, 7 Oktober 2022 18:58 WIB
Tribun Papua

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-VIDEO.COM - Karier Syaiful Indra Cahya di Persipura Jayapura pada kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 ini sepertinya bakal berakhir lebih cepat.

Sebab, Syaiful Indra Cahya terpaksa harus masuk meja operasi setelah mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) atau kerobekan ligamen lutut.

Cedera itu didapat Syaiful Indra Cahya saat Persipura menghadapi Putra Delta Sidoarjo pada pekan ke-5 kompetisi Liga 2 yang berakhir imbang 1-1, Selasa (27/9/2022) lalu.

Padahal, pemain bernomor punggung 44 itu baru saja masuk menggantikan Gio Numberi pada menit ke-57'.

Sialnya, pada menit ke-64', malapetaka itu terjadi usai Syaiful Indra Cahya salah melakukan pendaratan kaki setelah duel di udara bersama seorang pemain Putra Delta Sidoarjo.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek sayap kanan itu mengerang kesakitan dan langsung mendapatkan perawatan medis.

Baca: Manajer Persipura Yan Mandenas Lebih Pilih Jakarta sebagai Tempat Pemusatan Latihan Persipura

Saking parah cedera yang dialami, Syaiful Indra Cahya terpaksa harus ditandu ke luar lapangan dan mobil ambulans.

Akibat cedera itu, pelatih Persipura, Ricky Nelson, menganggap karier Syaiful Indra Cahya di Persipura sudah selesai.

Pasalnya, Syaiful Indra Cahya harus menjalani operasi dan pemulihan yang memakan waktu hingga 6 bulan.

"Syaiful Indra Cahya boleh dikatakan sudah selesai ya musim ini karena meja operasi, otomatis butuh 3 pemulihan, 3 bulan latihan," kata Ricky Nelson usai mendampingi latihan Persipura di Biak, Papua, Rabu (5/10/2022) lalu.

Maka dari itu, Ricky Nelson ingin mencari pemain baru yang akan mengganti sosok Syaiful Indra Cahya di lini belakang Persipura.

"Pasti kita akan cari untuk pengganti dia sama pemain tengah tambah lagi dan kita lihat-lihat striker," imbuhnya.

Pencetak gol pertama Persipura di Stadion Lukas Enembe

Nama Syaiful Indra Cahya sendiri sempat menjadi buah bibir setelah aksi kungfunya saat membela AHHA PS Pati FC (sekarang Bekasi FC) pada Liga 2 musim 2021/2022.

Baca: Boaz Solossa Semakin Dekat Kembali ke Persipura, Beberapa Pemain PSS Sleman Ucapkan Salam Perpisahan

Lewat tendangan kungfunya itu, Syaiful Indra Cahya mendapat kecaman dan sanksi larangan 4 kali bermain serta denda Rp10 juta.

Meski pun catatan kariernya sempat buruk, tapi itu tak menyurutkan niat membuat Mutiara Hitam (julukan Persipura) untuk mendatangkannya.

Syaiful Indra Cahya akhirnya menerima lamaran untuk bergabung bersama Persipura pada kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Pemain kelahiran Malang, 28 Mei 1992 itu diboyong Persipura untuk mengisi posisi lini belakang yang saat itu masih sangat kekurangan.

Kualitas serta pengalaman yang dimiliki Syaiful Indra Cahya menjadi alasan Ricky Nelson merekrutnya.

Hal itu pun dibuktikan oleh Syaiful Indra Cahya setelah berhasil menjadi pemain Persipura pertama yang mencetak gol di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pemain yang mengawali karir profesionalnya di Persik Kediri itu sukses mencatatkan namanya dalam buku sejarah Persipura usai mencetak gol lewat titik penalti.

Gol Syaiful Indra Cahya itu dicetak saat Persipura menang telak atas Kalteng Putra FC dengan skor 4-0 pada laga pertama Liga 2 musim 2022/2023, Senin (28/8/2022) lalu.

Bek yang sempat membela tim nasional Indonesia itu pun mengaku bangga bisa mencetak sejarah baru bagi Persipura.

"Suatu kehormatan bagi saya sebagai pemain profesional membuat sejarah di Stadion Lukas Enembe," kata Syaiful Indra Cahya, Kamis (1/9/2022) silam.

Hasil kemenangan itu menurutnya merupakan modal penting bagi Persipura dalam mengarungi ketatnya persaingan Liga 2 musim 2022/2023 wilayah timur.

"Sukses menang di laga perdana adalah modal kami diawal. Menghadapi Liga 2 tidak semudah yang dibayangkan. Dengan Komposisi saat ini saya optimis kita bisa kembali ke Liga 1," ungkapnya.

Namun, niat dan harapan Syaiful Indra Cahya untuk bisa mengantarkan kembali Persipura promosi ke Liga 1 sepertinya harus berakhir lebih cepat.

Sebab, cedera ACL yang menderanya saat ini membuat Syaiful Indra Cahya harus menyudahi karirnya di Persipura pada Liga 2 musim 2022/2023 ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Karier Syaiful Indra Cahya di Persipura: Cetak Sejarah hingga Terkapar di Meja Operasi

# Liga 2 # Syaiful Indra Cahya # Persipura Jayapura

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Muhammad Taufiqurrohman
Sumber: Tribun Papua

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved