TRIBUN TRAVEL UPDATE

Pemkab Bekasi Kembangkan Pusat Daur Ulang di Desa Mekarmukti, Sampah Rumahan Jadi Bernilai

Rabu, 5 Oktober 2022 21:59 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Tribunners, baru-baru ini Pemkab Bekasi mengembangkan Pusat Daur Ulang di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi beban volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Burangkeng, tribunners.

Upaya ini dilakukan Pemkab Bekasi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta PT Jababek.

Terkait hal ini, Kepala PDU Mekarmukti, Jaenudin (30) menjelaskan dibentuknya PDu berawal dari maraknya tempat pembuangan apabila ilegal di Desa Mekarmukti.

"Awalnya warga-warga di sini memang sampahnya enggak diangkutin ke TPA Burangkeng, sehingga mereka buangnya di lahan-lahan kosong," tutur Jaenudin di lokasi, Selasa (27/9/2022).

Saat pertama kali beroperasi, PDU mendapatkan banyak tantangan dan penolakan dari warga sekitar yang mengira lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Padahal, sampah-sampah yang dibawa ke PDU ini merupakan sampah organik dan non-organik yang bisa menghasilkan nilai ekonomis.

Sedangkan residu yang tak bisa diatur Ulang langsung dibawa ke TPA Burangkeng.

Sampah-sampah seperti bekas sayuran yang dikumpulkannya dimanfaatkan menjadi pupuk kompos, sedangkan botol bekas, besi-besi dan kardus dijualnya kembali.

Kini, PDU Mekarmukti telah memiliki tujuh bank sampah yang berlokasi di perumahan masyarakat dengan jumlah anggota sebanyak 1.200 orang. (*)

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Abel Krisantus Yoga Pradana
Sumber: Tribunnews.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved