Wisata ke Sumatera barat

Konten Kreator Sitinjau Lauik Padang Raup Jutaan Penonton Hanya dalam Beberapa Hari

Senin, 3 Oktober 2022 18:55 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM -Tribunners, tanjakan Sitinjau Lauik di jalur nasional Padang-Solok, Sumatera Barat sudah dikenal banyak orang.

Para konten kreator sukses memperkenalkan Sitinjau Lauik sebagai spot lalu lintas paling menarik di Sumatera, bahkan mungkin di Indonesia.

Tanjakan dan turunannya memang super tajam. Apalagi persis di tanjakan/turunan Sitinjau Lauik ini tikungannya lebih dari 90 derajat.

Terletak di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, spot Sitinjau Lauik ini cukup mudah ditempuh dari pusat kota.

Menggunakan sepeda motor waktu tempuh lebih kurang 25-30 menit saja. Disarankan menggunakan motor manual supaya lebih aman.

Jalur ini memotong gugusan Bukit Barisan yang di dalamnya melewati Kawasan hutan lindung dan Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta.

Jalur di jalan nasional ini sangat ramai.

Truk-truk dan bus-bus melintas nyaris 24 jam tanpa jeda. Jalan raya Padang-Solok dan sebaliknya memang rute utama menuju lintas tengah Sumatera.

Baca: Menjajal Super Ekstrem Jalur Sitinjau Lauik Padang-Solok

Ada sejumlah spot ekstrem di jalur pendakian dari arah Kota Padang, dimulai sejak wilayah Indarung yang jadi lokasi pabrik semen PT Semen Padang.

Dua titik paling menantang selain Sitinjau Lauik adalah tanjakan/turunan tajam dan panjang di wilayah Panorama 2, lokasi nongkrong popular di jalur ini.

Secara tingkat kerawanan, jalur Sitinjau Lauik ini komplet. Rawan kecelakaan lalu lintas hingga potensi tanah longsor atau tanah begerak di kiri kanan jalan.

Peristiwa kecelakaan sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Dari yang ringan sampai yang fatal merenggut banyak korban jiwa maupun kendaraan yang hancur.

Menurut Sajali Bintang, Ketua Komunitas Youtuber Sitinjau Lauik, bahaya terbesar adalah kendaraan-kendaraan berat maupun ringan yang hendak masuk ke Kota Padang dari arah Solok.

Turunan panjang, berkelok yang nyaris seperti tak ada habis-habisnya, kerap membuat kendaraan yang membawa muatan besar, kehilangan daya rem alias ngeblong.

Begitu juga motor-motor matik yang melakukan perjalanan jauh dari arah Solok dan lintas tengah Sumatera, sangat berbahaya jika tidak cermat memperhatikan kondisi remnya.

Jika Anda penggemar otomotif dan suka turing, maka spot Sitinjau Lauik ini sangat cocok untuk dijajal menaikkan adrenalin petualangan Anda.(*)

# Sitinjau Lauik # Padang # Solok # Sumatera Barat

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Nila
Videografer: fajri digit sholikhawan
Video Production: Fikri Febriyanto
Sumber: Tribun Video

Tags
   #Sitinjau Lauik   #Padang   #Solok   #Sumatera Barat
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved