Travel

Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Manjarite di Labuan Bajo, Suguhkan Berbagai Flora & Fauna

Sabtu, 1 Oktober 2022 07:19 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sinar matahari pagi kala itu menyapa lautan Taman Nasional atau TN Komodo yang amat jernih.

Saking jernihnya, ikan-ikan dan karang pun terlihat dari atas kapal yang sedang bersandar di Pulau Manjarite.

KompasTravel yang saat itu sedang survey destinasi TN Komodo, untuk program Take Me Anywhere bersama Pegi-Pegi, akan menjajal keindahan bawah laut Manjerite, Rabu (14/11/2018).

Pulau Majerite dipilih atas rekomendasi agen wisata yang saat itu dipandu oleh Josemarino, pria paruh baya asli Labuan Bajo.

Baca: Berlibur ke Butterfly Park, Wisata yang Berdiri sejak 1996 Punya Kupu-kupu Unik Berukuran Jumbo

Ia mangatakan tepi pulau ini merupakan salah satu destinasi snorkeling terbaik di TN Komodo, terutama bagi tamu yang pertama kali berkunjung.

“Hampir semua yang saiing di TN Komodo, mampir ke sini untuk snorkeling,” tutur pria yang akrab disapa Jose pada KompasTravel.

Saat itu pukul 08.00 WIT, warna biru kehijauan air laut yang memancarkan pemandangan dasar laut begitu menggoda mata saya untuk segera turun.

Tidak butuh waktu lama, kita bisa langsung turun dari kapal yang bersandar di Manjerite, tak perlu naik speedboat dahulu.

Begitu mata masuk ke air dengan balutan masker snorkeling, indahnya terumbu karang langsung terlihat.

Ikan-ikan laut kecil pun berseliweran keluar masuk karang.

Saya yang kurang hafal jenis-jenis dan nama karang hanya bisa terdiam sejenak mengagungkan sang pencipta ketika berjumpa karang dengan bentuk yang belum pernah saya lihat.

Ada yang berbentuk jamur, ada pula yang berbalut lapisan ungu seperti kain, ada yang melambai bak padi di sawah.

Tentu kita tidak berhak memegangnya, selain khawatir mereka tergangu, rasanya sangat sayang jika prilaku kita merusak makhluk hidup indah itu.

Baca: Field Trip ke Bangli, Bali, Peserta World Tourism Day 2022 Kagum dengan Desa Wisata Penglipuran

Namun, jangan ragu untuk mengambil gambarnya.

Tidak heran TN Komodo terkenal dengan ragam keindahan karangnya.
Sebagian kecilnya bisa Anda nikmati di Manjerite.

Selain menikmati keindahan karang, Anda juga bisa bermain dengan ikan-ikan kecil dengan warna yang cukup menarik.

Mereka keluar masuk karang, seolah mengajak bermain wisatawan, antara lain ada jenis ikan badut, ikan dori, angel fish, baronang dan banyak lagi.

Untuk memanggil ikan agar berkerumun, lazimnya menggunakan roti atau nasi yang kita bawa saat di dalam air. Namun, cara ini tidak berlaku bagi ikan di Manjarite.

Mereka tidak tertarik dengan makanan manusia, sepertinya makanan di habitat aslinya masih terjaga dan tidak terbiasa diberi makanan oleh wisatawan.

“Belum biasa ikan di sini dikasih makan wisatawan, ga mau dia dikasih roti,” kata Josemarino pada KompasTravel.

Bagi Anda yang pertama kali ke TN Komodo atau Labuan Bajo, wajib untuk mencoba snorkeling atau freediving di sekitar Pulau Manjarite. Selain keindahan bawah lautnya yang memanjakan mata, daerah ini juga relatif aman untuk pemula, karena minim arus, dan hanya sedikit gelombang.

Memang ada beberapa titik yang terkena abrasi, sehingga karangnya pucat dan berantakan. Namun daerah yang karangnya utuh dengan berbagai jenis dan warna menarik jauh lebih banyak.

Snorkeling di Manjarite TN Komodo, Spot yang Sepi Wisatawan
Manjarite jadi salah satu spot favorit untuk wisatawan yang berlayar di kawasan Manggarai Barat, khususnya Taman Nasional (TN) Komodo.
Pasalnya lokasi ini merupakan salah satu tempat snorkeling ciamik di kawasan ini.

Majarite sebenarnya merupakan nama sebuah pulau tak berpenghuni. Pulau tersebut memiliki tepi laut yang amat jernih, minim arus, hanya sedikit gelombang.

Namanya memang belum terkenal bila dibandingkan Pink Beach, Batu Bolong, Karang Makassar, atau Germany Flag yang juga terdapat di TN Komodo, karena Manjarite lebih ramah untuk snorkeling pemula, dibanding yang lain.

“Manjarite khusus snorkeling, jarang ada orang diving di sana. Kalau batu bolong, Karang Makassar itu bayak wisatawan diving, buat profesional,” tutur Josemarino, pemandu wisata saat KompasTavel berkunjung ke sana, Rabu (14/11/2018).

Pria yang akrab disapa Jose ini menuturkan jika hampir setiap wisatawan yang pertama kali wisata berlayar dari Labuan Bajo akan singgah di Manjarite untuk snorkeling.

Meski lazimnya digunakan untuk snorkeling, Manjarite disebut-sebut tidak kalah dari beberapa tempat diving favorit di TN Komodo itu. Dengan kedalaman rata-rata lima-delapan meter, wisatawan sudah bisa melihat beragam karang warna-warni, juga ikan-ikan hias yang berkerumun.

KompasTravel berkesempatan untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya, saat itu bertepatan dengan survey acara Take Me Anywhere Kompas.com bersama Pegi-Pegi.

Dari pantauan KompasTravel ber-snorkeling hampir 30 menit, Manjarite cukup memanjakan mata bagi yang pertama kali berkunjung ke TN Komodo.
Anda bisa melihat cukup banyak jenis karang, dengan bentuk yang beragam. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Snorkeling di Manjarite TN Komodo , Spot yang Sepi Wisatawan"

# TN Komodo # wisata # Labuan Bajo # speedboat # Snorkeling # wisatawan

Editor: Evita Candra Dewi
Video Production: Yudi Irwansyah
Sumber: Kompas.com

Tags
   #TN Komodo   #wisata   #Labuan Bajo   #speedboat   #Snorkeling   #wisatawan
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved