Mancanegara

Malware "Minum Teh" Jadi Alat Pengambil Data, Pakar Keamanan Siber Tiongkok Tuding NSA Meretas

Jumat, 30 September 2022 12:53 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Para pakar keamanan siber Tiongkok menuding NSA atau Dinas Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) telah meretas sebuah universitas di Tiongkok.

Serangan siber itu disebut memanfaatkan malware atau program jahat yang dikenal sebagai "Minum Teh".

Universitas yang menjadi target serangan ialah Universitas Politeknik Barat Laut di Provinsi Shaanxi. Perguruan tinggi ini terkenal akan riset kedirgantaraan dan navigasi.

Melansir pemberitaan Newsweek, (29/9/2022), kelompok NSA yang dituduh melakukan serangan itu adalah Office of Tailored Access Operations (TAO). Kelompok ini menjadi unit yang melakukan perang siber dan pengumpulan data intelijen.

Baca: Tanggapi Serangan Peretasan Situs, BSSN: Situs yang Diretas Berisi Data Repositori Malware

Adanya serangan itu dilaporkan oleh universitas tersebut setelah didapati bahwa surel yang dikirim kepada mahasiswa dan dosen mengandung malware. Program jahat itu digunakan untuk mencuri data pribadi mereka.

Surel itu disebut berisi program yang terlihat seperti program normal. Namun, kenyataannya program itu termasuk dalam program Trojan horse sehingga membahayakan komputer.

Penyelidikan kemudian digelar oleh Pusat Penanganan Darurat Nasional untuk Virus Komputer bersama dengan pakar keamanan siber.

Baca: Menkominfo Rudiantara Akui RS Dharmais Kena Serangan Malware Wannacry

Media pemerintah Tiongkok, Global Times, mengatakan hasil analisis menunjukkan bahwa malware yang digunakan itu dikenal sebagai "Minum Teh". Program ini bisa mencuri informasi seperti kata sandi serta mentransfer data dari jauh.

"Minum Teh" sudah ditemukan atau dilihat karena program ini menyamarkan diri layaknya program normal.

Pakar keamanan menyebut TAO sengaja menghapus log sistem untuk menghindari pelacakan. Tao juga mengumpulkan data dan mengirimnya ke AS.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki.com dengan judul AS Dituding Meretas Universitas di Tiongkok dengan Malware 'Minum Teh'

#Malware #minum teh #Pakar Keamanan Siber Tiongkok #NSA #peretasan

Baca Artikel Lainnya di Sini

Editor: Muhammad Eka Putra
Video Production: Rifqi Khusain
Sumber: TribunnewsWiki

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved