Liga 2

Tak Ingin Ada Lagi Adu Jotos pada Derby Papua, Panpel Persewar: Mari Junjung Sportivitas!

Jumat, 30 September 2022 11:48 WIB
Tribun Papua

TRIBUN-VIDEO.COM - Pengalaman derby Papua antara PSBS Biak versus Persewar Waropen pekan lalu tak ingin terulang di Stadion Mandala kala Mutiara Bakau menjamu Mutiara Hitam julukan Persipura.

Laga antara Persewar versus Persipura dilaksanakan pada, Sabtu (1/10/2022) dalam lanjutan kompetisi Liga 2 wilayah timur musim 2022/2023.

Diketahui, pada derby Papua antara PSBS Biak menjamu Persewar diwarnai pemukulan pemain.

Dalam laga tersebut kedua tim sama-sama bermian imbang dengan skor 0-0.
Pertandingan bertajuk Derby Papua yang dihelat di Stadion Cenderawasih, Kabupaten Biak berjalan dengan tensi tinggi.

Saking panasnya laga ini, wasit sampai mengeluarkan total 9 kartu kuning bagi kedua tim serta 1 kartu merah untuk tuan rumah PSBS.

Bahkan, kapten tim Persewar, Elvis Harewan, menjadi korban pada pertandingan ini setelah menerima bogem mentah dari seorang pemain PSBS.

Insiden kekerasan yang dialami Elvis Harewan itu terjadi menjelang akhir pertandingan babak kedua.

Baca: Sebanyak 7 Ribu Tiket Disiapkan Panitia Pelaksana untuk Laga Persewar Vs Persipura

Melihat tensi derby Papua, Wakil Ketua Panpel Persewar, Frits Ramandey berharap kedua tim menjunjung tinggi sportifitas dalam pertandingan nanti.

"Tentu kita berharap, pertandingan besok harus menjunjung sportifitas karena bisa saja pertandingan pemain di lapangan bisa mengundang reaksi penonton di luar, kita tidak berharap seperti itu," kata Frits, Kamis (29/9/2022).

Untuk itu, pihak Panpel pun telah menyiapkan tribun khusus untuk sporter kedua tim.

Suporter Persewar akan ditempatkan di tribun liverpool, sedangkan pendukung Persipura sebagai tim tamu di tribun utara atau selatan.

Frits Ramandey berharap, suporter kedua tim bisa menaati peraturan dan regulasi yang telah diatur oleh panitia pelaksana.

Selain itu, demi mengantisipasi membludaknya penonton, panitia pelaksana Persewar menyiapkan 7.000 tiket.

"Kita untuk pertandingan ini menyiapkan 7.000 tiket, sementara di Stadion Mandala ini bisa menampung 15.000, untuk tempat duduk saja," ujarnya.

Bahkan, kata Frits, saat ini, panitia pelaksana sudah berhasil menjual hampir 3.000 tiket untuk laga berserajah antara Persewar menghadapi Persipura.

"Bersyukur, sampai hari ini itu sudah 2.000 lebih terjual, hampir 3.000 tiket," ungkapnya.

Merah Hitamkan Stadion Mandala

Demi meraih poin penuh, manajer Persipura Jayapura, Yan Mandenas pun mengintruksikan kepada Persipura Mania untuk penuhi Stadion Mandala Jayapura pada laga tersebut.

"Ini laga final buat kita. Saya instruksikan kepada seluruh pemain dan tim pelatih agar melakukan persiapan dengan baik. Jangan anggap remeh hadapi pertandingan layaknya partai final," kata Mandenas, Kamis (29/9/2022).

Bagi Yan, Stadion Mandala memiliki makna tersendiri bagi Persipura sehingga dia optimis target yang dicanangkan tercapai.

"Stadion Mandala dulu kandang kita. Kita kembali untuk menang di sini. Kesempatan terbuka lebar yang terpenting kita fokus dan serius hadapi Persewar," ujarnya.

Ketua Suporter Persipura The Comens Irawan mengatakan, pihaknya bakal turun dengan kekuatan penuh mendukung Skuad Mutiara Hitam.

Baca: Jelang Away Kontra Persewar Waropen, Manajer Persipura: Kita Kembali ke Stadion Mandala Untuk Menang

Sebanyak 500 pendukung setia yang dipimpinanya bakal merapat ke Stadion Mandala.

"Stadion Mandala punya sejarah bagi Persipura dan kami kelompok suporter. Kami datang memberikan dukungan penuh untuk Persipura," kata Irawan.

Meski menghadapi tim asal Papua, namun dia mengharapkan sikap profesional tetap dijunjung tinggi.

Persipura memiliki kepentingan pada laga tersebut yaitu mengamankan langkah saat ini.

“Persipura wajib raih poin penuh. Sikap profesional harus ditanamkan oleh kedua tim. Bertarung menjadi yang terbaik harus dilakukan," harapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Adu Jotos Derby Papua di Biak Tak Ingin Diulangi di Mandala, Panpel Persewar: Junjung Sportifitas!

# Liga 2 # Persewar Waropen # PSBS Biak

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Muhammad Taufiqurrohman
Sumber: Tribun Papua

Tags
   #Liga 2   #Persewar Waropen   #PSBS Biak
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved