Mancanegara

Kerajaan Inggris Luncurkan Logo Baru Raja Charless III yang akan Digunakan untuk Mata Uang Inggris

Selasa, 27 September 2022 18:34 WIB
Kompas TV

TRIBUN-VIDEO.COM - Inggris memulai transisi simbol negara, dan secara bertahap akan mengganti koin, uang kertas, dan perangko menjadi bergambar Raja Charles III.

Logo raja baru juga akan mulai muncul di gedung-gedung pemerintah dan kotak pos merah Inggris yang terkenal, seperti diumumkan Istana Buckingham, Selasa (27/9/2022).

Ketika kerajaan Inggris mulai beradaptasi dengan kepala negara barunya yang pertama dalam 70 tahun, pembuat mata uang dan perangko negara mengatakan mereka akan memulai proses untuk beralih dari menggunakan gambar mendiang Ratu Elizabeth II ke raja baru, Raja Charles III.

Baca: Sinopsis Serial Netflix The Crown, Kisah Hidup Mendiang Ratu Elizabeth II

“Koin-koin pertama bergambar Yang Mulia Raja Charles III akan memasuki sirkulasi sesuai dengan permintaan dari bank dan kantor pos,” kata Anne Jessopp, chief executive officer di Royal Mint.

"Ini berarti koin Raja Charles III dan Ratu Elizabeth II akan beredar bersama di Inggris selama bertahun-tahun yang akan datang."

Proses penggantian akan memakan waktu, dengan Royal Mint memperkirakan saat ini ada sekitar 27 miliar koin bergambar mendiang Ratu, yang meninggal awal bulan ini.

Demikian pula, Bank of England mengatakan uang kertas dengan potret Raja Charles diharapkan mulai beredar pada pertengahan 2024, dan desain gambar uang kertas yang diperbarui akan diumumkan akhir tahun ini.

Sementara itu, Royal Mail mengatakan gambar mendiang Ratu saat ini yang digunakan pada perangko "sehari-hari" akan diperbarui untuk menampilkan gambar Raja Charles. Perangko baru itu akan masuk sirkulasi setelah stok saat ini habis.

Semua mata uang dan perangko yang ada dengan gambar Ratu akan tetap berlaku.

Baca: 70 Tahun Menduduki Takhta, Kenali Karakteristik Mendiang Ratu Elizabeth II yang Berzodiak Taurus

Istana Buckingham juga meluncurkan logo baru untuk Raja Charles III, monogram kedaulatan yang digunakan pada dokumen negara oleh departemen pemerintah dan oleh Rumah Tangga Kerajaan, serta muncul di kotak pilar.

Logo Raja yang baru, yang dipilih oleh raja baru dari serangkaian desain yang disiapkan oleh College of Arms, terdiri dari inisial C dan R - mewakili nama Raja Charles dan "Rex", bahasa Latin untuk raja - di samping penggambaran mahkota.

"Keputusan untuk mengganti logo Raja akan menjadi kebijaksanaan masing-masing organisasi, dan prosesnya akan bertahap," kata Istana Buckingham. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul Kertas Bergambar Ratu Elizabeth akan Diganti Bertahap

# Inggris # simbol negara # uang kertas # Raja Charles III # Istana Buckingham # Ratu Elizabeth II

Editor: Evita Candra Dewi
Video Production: Afif Alfattah Pradibta
Sumber: Kompas TV

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved