Mancanegara

Pendukung Pemerintah Iran Turun ke Jalan di Tengah Meluasnya Protes Kematian Mahsa Amini

Senin, 26 September 2022 17:45 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUN-VIDEO.COM - Pendukung pemerintah Iran turun ke jalan dalam beberapa hari terakhir di tengah protes yang meluas setelah kematian Mahsa Amini.

Aksi tersebut terjadi setelah pendukung pemerintah Iran mendapat seruan untuk berkumpul melalui pengumuman dan pesan teks massal.

Melansir dari Al Jazeera, beberapa hari terakhir Iran mendapat perhatian internasional setelah meletusnya protes atas kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini dalam tahanan "polisi moral" di negara itu.

Mahsa Amini meninggal pada 16 September 2022 setelah ditahan karena dianggap mengenakan jilbab secara tidak pantas.

Sejak itu, protes telah menyebar ke sebagian besar wilayah Iran, dan tujuh demonstran tewas pada Rabu (21/9/2022) kemarin, menurut organisasi hak asasi manusia.

Baca: Presiden Iran Minta Polisi Tindak Tegas Demonstran Buntut Kematian Mahsa Amini, Dianggap Perusuh

Sementara seruan untuk pendukung pemerintah Iran agar berkumpul pada hari Minggu (25/9/2022) kemarin, mengikuti seruan serupa setelah Shalat Jumat (23/9/2022), yang dihadiri ribuan orang.

Aksi unjuk rasa tersebut merupakan bagian dari upaya pihak berwenang Iran untuk melawan apa yang mereka sebut sebagai perilaku "melanggar norma".

Demonstrasi tandingan ini membawa simbolisme agama untuk mendukung pembentukan teokrasi yang berkuasa pada tahun 1979 setelah revolusi Islam.

Penyelenggara demonstrasi mengklaim salinan Al-Qur'an dan bendera Iran telah dibakar selama protes kematian Masha Amini.

Baca: Buntut Kematian Tragis Mahsa Amini, AS Jatuhkan Sanksi Kepada Polisi Moral Iran

Pendukung pemerintah Iran juga mengecam apa yang mereka anggap sebagai intervensi asing dalam urusan Iran, terutama Amerika Serikat.

Aksi demonstrasi pro-pemerintah terbaru pada hari Minggu datang ketika Presiden Ebrahim Raisi dan pihak berwenang lainnya berjanji untuk "menangani dengan tegas mereka yang menentang keamanan dan ketenangan negara".

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengunjuk Rasa Pro-Pemerintah Iran Turun ke Jalan di Tengah Meluasnya Protes Kematian Mahsa Amini

#Pemerintah Iran #Protes #unjuk rasa #Iran #Mahsa Amini

Baca Artikel Lainnya di Sini

Editor: Muhammad Eka Putra
Video Production: Tegar Melani
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #Pemerintah Iran   #Protes   #unjuk rasa   #Iran   #Mahsa Amini
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved