metropolitan

Massa Aksi Unjuk Rasa GNPR Ambil Air Wudhu di Kolam Patung Kuda untuk Salat Berjamaah

Sabtu, 24 September 2022 10:49 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - PA 212 dan sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Rakyat (GNPR) lakukan aksi unjuk rasa terkait menolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda Arjuna, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Pantauan Wartakotalive.com sekira pukul 15.10 WIB, salat diawali dengan kumandang adzan oleh mobil komando dari pihak polisi.

Setelahnya mereka melaksanakan salat di jalan dengan beralaskan terpal hingga sajadah. Sebelum salat, massa GNPR diketahui mengambil air wudhu di kolam air Patung Kuda Arjuna Wijaya.

Baca: Tolak Kenaikan Harga BBM, GNPR Sebut Pemerintah Hisap Habis Darah Rakyat seperti Drakula

Walaupun cuaca terik, salat Ashar yang dilakukan massa aksi dari sejumlah ormas Islam ini sangat khidmat.

Diketehui, aksi dinamai dengan aksi 23.09 dan AKBAR 2 atau Aksi Bela Rakyat 2, yang memiliki 3 tuntutan, seperti turunkan harga BBM, turunkan harga bahan pokok dan tegakkan supremasi hukum.

Sebelumnya massa mulai berkumpul di sekitar Patung Kuda, terlihat ada satu unit mobil komando di lokasi.

Massa aksi terlihat membawa sejumlah spanduk yang berisi tuntutan mereka, selain itu, kawat berduri dan separator beton berlapis, sudah dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat.

"Kami ingatkan di dalam penyampaian pendapat di muka umum tentu diselaraskan dengan hak dan kewajiban, untuk itu saya ingatkan di dalam menyampaikan pendapat di muka umum mari kita lakukan dengan damai, tenteram dan tertib," ucap polisi dari pengeras suara di Kawasan Patung Kuda.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, sebanyak 3.800 personel gabungan TNI dan Polri, akan dikerahkan untuk mengamankan demo PA 212, dan sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Rakyat (GNPR), perihal menolak kenaikan harga BBM di sekitar Patung Kuda.

"Ribuan personel itu, sekaligus mengamankan aksi unjuk rasa di beberapa titik lainnya, namun tidak berkaitan dengan kenaikan BBM," ujar Komarudin saat dihubungi, Jumat (23/9/2022).

Baca: Kuota BBM Bersubsidi Menipis, Pertamina Uji Coba Pembatasan Pembelian Pertalite

Komarudin menjelaskan, personel sebanyak 3.800 itu dikerahkan, untuk mengamankan sejumlah aksi unjuk rasa di Wilayah Jakarta Pusat.

"Untuk personel yang kami siapkan untuk seluruh wilayah Jakpus, seperti di DPR RI, kemudian Patung Kuda, terus di Balai Kota, dan ada beberapa titik lainnya," tutur Komarudin.

Selain itu, aksi unjuk rasa oleh massa dari GNPR terkait kenaikan harga BBM itu diperkirakan, akan dihadiri 1.000-2.000 orang.

"Kami mengimbau untuk massa GNPR menggelar aksi di sisi barat daya Monas," ucap Komarudin.

Namun, jika massa GNPR bersikeras melakukan demo di Jalan Medan Merdeka Barat atau Patung Kuda, pihaknya kemungkinan akan melakukan penutupan ruas jalan.

"Sekiranya mereka memilih untuk menyampaikan aspirasi di Jalan Merdeka Barat, nah tentu ini akan ada beberapa ruas jalan yang terpaksa kami alihkan,"ujar Komarudin.

Komarudin menambahkan, mengimbau kepada massa aksi yang lakukan aksi unjuk rasa, untuk menggelar secara tertib.

(*)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Salat Berjamaah, Massa Aksi Unjuk Rasa GNPR Ambil Air Wudhu dari Kolam Patung Kuda

# Patung Kuda # Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM # massa aksi # unjuk rasa

Editor: Danang Risdinato
Video Production: Tegar Melani
Sumber: Warta Kota

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved