Terkini Daerah

Bangunan Ruko Sparepart di Surabaya Ludes Terbakar, Damkar: Ban Mobil Susah Dipadamkan

Sabtu, 24 September 2022 09:04 WIB
Tribun Jatim

TRIBUN-VIDEO.COM - Sejumlah 19 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan memadamkan kebakaran sebuah bangunan empat lantai ruko penjualan sparepart mobil di Jalan Kedungdoro, No 50-U, Sawahan, Surabaya, terbakar, Jumat (23/9/2022) malam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, belasan kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan itu, sudah termasuk truk Bronto Skylift.

Kendaraan tersebut, memiliki karakter alat untuk menjangkau kondisi lokasi kebakaran yang terdapat di bangunan bertingkat.

"19 unit. Itu termasuk truk Bronto Skylift 2 unit," ujarnya saat ditemui awak media di lokasi.

Kemudian, api pokok dinyatakan padam sekitar pukul 18.36 WIB. Hanya saja, Dedik mengakui, personelnya kesulitan melakukan proses pemadaman di lantai tiga karena terkendala akses masuk ke lokasi yang terbatas dan berbahaya.

"Dan pada lantai 3 itu, teman-teman belum ada aksesnya. Belum bisa ke sana. Begitu bisa mengakses ke lantai 3, teman-teman melihat di situ ada api yang tersembunyi, karena bahan di situ banyak," katanya.

Baca: Kebakaran Pemukiman Bertepatan dengan Salat Jumat, Toko Kosmetik dan Bangunan Lain Hangus Terbakar

Mengenai lambannya proses pembasahan terhadap bangunan yang terbakar tersebut.

Dedik mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan bahan atau komponen benda yang terbakar itu berbahan plastik dan karet.

"Tapi kalau sparepart memang ada bahan karetnya. Dan itu sulit dipadamkan. Kayaknya itu gudang rak rak yang disekat sekat itu yang bikin api sulit (dipadamkan)," jelasnya.

Namun, Dedik memastikan, kebakaran tersebut dapat dibatasi potensi perambatannya.

Sehingga tidak sampai terkena bangunan ruko yang bersebelahan dengan ruko yang terbakar.

Karena, pihaknya langsung melakukan proses serangkaian tahapan penanganan kebakaran khusus untuk karakter kebakaran pada bangunan bersekat dan bertingkat.

"Enggak ada perambatannya. Kebetulan di sebelahnya kosong, sisi kanan. Sebelah kiri, kita tadi paksa buka sambil kita cek, supaya enggak panas, dan hawanya ikut keluar," ungkapnya.

Disinggung perihal penyebab kebakaran bangunan tersebut. Dedik mengaku, menyerahkan informasi tersebut kepada pihak kepolisian melalui penyelidikan yang melibatkan Tim Inafis Polrestabes Surabaya.

Baca: Kebakaran 2 Toko di Aceh Utara, Kerugian Ditaksir Capai Rp 900 Juta

Namun, pihaknya mencurigai pusat utama kemunculan api yang membakar bangunan tersebut, berada di area bangunan lantai dasar.

"Itu nanti polisi saja yang mencari. Itu di lantai dasar, bahkan ada 3 motor, ludes terbakar. Kecurigaan kami di lantai dasar. Karena pintunya saat teman-teman datang, api membesar, tapi rolling door-nya terkunci," tuturnya.

Sementara itu, pemilik ruko Andre mengaku, pihaknya tidak mengetahui pasti awal mula terbakarnya bangunan ruko yang disewanya untuk membuka usaha penjualan sparepart dan asesoris mobil tersebut.

Hanya saja ia memastikan, insiden kebakaran tersebut terjadi saat toko sudah tutup dan karyawannya sudah pulang.

"Ya api sekitar jam 6-an. Saya enggak tahu api berasal dari mana. Saya sampai sini sudah hubungi PMK, belum sampai 5 menit sudah sampai. Iya aktivitas sudah berhenti. Iya sudah tutup," ujarnya saat ditemui TribunJatim.com di lokasi.

Mengenai jumlah total kerugian akibat insiden kebakaran tersebut. Pria berkemeja batik warna biru tersebut, masih enggan memikirkannya.

Selain karena dirinya masih syok atas kejadian tersebut. Pihaknya juga masih berfokus pada proses pemadaman kebakaran yang masih terus diupayakan oleh pihak petugas DPKP Kota Surabaya.

"Saya masih mikir mikir ya pak. Mohon waktu saya belum bisa sampaikan. Mohon maaf ya," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Nasib Pilu Juragan Sparepart Mobil, Dapati Tokonya di Surabaya Ludes Terbakar: Sudah Berhenti

# kebakaran # ruko # Surabaya # Polrestabes Surabaya # Sparepart

Editor: Evita Candra Dewi
Video Production: Irvan Nur Prasetyo
Sumber: Tribun Jatim

Tags
   #kebakaran   #ruko   #Surabaya   #Sparepart   #Polrestabes Surabaya
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved