LIVE UPDATE MANCANEGARA

Ukraina Mulai Caplok Wilayah Rusia, 4 Provinsi Lakukan Referendum hingga Selasa

Jumat, 23 September 2022 23:02 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Empat wilayah Ukraina yang dikendalikan oleh Rusia menggelar referendum atau pemungutan suara pada Jumat (23/9).

Referendum ini dilakukan untuk memutuskan apakah mereka bisa masuk menjadi bagian Rusia atau tidak.

Adapun keempat wilayah Ukraina yang akan menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia yaitu Provinsi Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia.

Keempat wilayah tersebut mencakup sekitar 15 persen wilayah Ukraina.

Rencana referendum di empat wilayah itu sebenarnya telah lama dibahas oleh otoritas pro-Moskow.

Namun setelah Ukraina menuai keberhasilan mencaplok wilayah Rusia belakangan ini, para pejabat di wilayah tersebut mendorong agar referendum dipercepat.

Tak tanggung-tanggung demi menjamin keamanan di empat wilayah Ukraina yang tengah menggelar referendum, Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan nekat mengeluarkan senjata nuklir andalannya.

Keputusan ini diambil Putin lantaran referendum ini sempat mendapat kecaman dari berbagai pihak, salah satunya para anggota NATO.

Meski mendapat kecaman pihak Barat dan dianggap sebagai tindakan pencaplokan ilegal yang tidak sah, namun Rusia berpendapat bahwa cara ini adalah kesempatan bagi orang-orang di kawasan tersebut untuk mengekspresikan pandangan terkait nasib tanah air mereka sendiri

Aksi referendum seperti ini bukanlah kali pertama yang dilakukan Rusia, sebelumnya di tahun 2014 pemerintahan Moskow diketahui pernah menggelar referendum untuk menjadikan Crimea sebagai bagiannya.

Rencananya, referendum akan digelar hingga Selasa pekan depan. (*)

Host: Siska
Vp: Salim

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Videografer: Radifan Setiawan
Video Production: Abdul Salim Maula Safari Thoyyib
Sumber: Tribunnews.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved