Terkini Daerah

Pemuda Asal Bunyu Wakili Kaltara di Ajang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional

Jumat, 23 September 2022 16:57 WIB
Tribun Kaltara

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemuda asal Bunyu, Bulungan, yakni Muhammad Tigo Gunawan mewakili Provinsi Kaltara di dalam Lomba Inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat Nasional tahun 2022 untuk kategori unggulan.

Tigo sapaan akrabnya, mengenalkan produk media tanam untuk tanaman hidroponik yang berasal dari akar pakis.

Inovasi itu berhasil membawa Tigo melewati sejumlah tahapan lomba inovasi TTG, baik di tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan kini di tingkat nasional.

Dirinya pun diminta mempresentasikan inovasinya itu di hadapan Dewan Juri Lomba Inovasi TTG tingkat Nasional, secara daring pada Rabu (21/9/2022).

Baca: Lomba Masak Pakai Kompor Induksi, Kapolres Bulungan dan Istri Meriahkan HUT TribunKaltara.com

"Tadi saya sampaikan tentang inovasi pemanfaatan akar pakis menjadi media tanam hidroponik," kata Muhammad Tigo Gunawan ditemui di Tanjung Selor.

"Kita memanfaatkan akar pakis yang dianggap kurang berguna, kita ubah menjadi media tanam, inovasi ini sudah berjalan 1,5 tahun terakhir," ujar Mahasiswa Universitas Terbuka ini.

Menurut Tigo, media tanam dengan nama produk Good Fern itu, kini sudah diminati oleh banyak orang.

Tak ayal, sudah banyak pesanan untuk produk media tanam itu, bahkan dari sejumlah daerah di luar Pulau Bunyu.

"Kta sudah mulai jualkan di Bunyu dan mayoritas petani hidroponik sudah gunakan ini, dan ada juga permintaan dari luar daerah seperti Tarakan, Malinau dan Balikpapan," ungkapnya.

Terkait produksi Good Fern, Tigo mengatakan, masih dalam proses pengembangan agar ke depan produknya dapat diproduksi secara lebih besar.

Baca: DPRD Desak Perbaikan Turap Desa Jelarai dan Desa Tengkapak Segera Dilakukan PUPR Bulungan

Dirinya pun optimis, inovasi yang dikembangkannya itu dipilih oleh Dewan Juri menjadi yang terbaik dalam Lomba Inovasi TTG tingkat Nasional pada tahun ini. "Kita optimis, Bismillah, kalau rezeki pasti kan ada jalannya," harapnya.

Sementara itu, Community Development Officer (CDO) Pertamina EP Bunyu, Ratna Fitriana Dewi, mengatakan, PT Pertamina selaku pendamping Tigo dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan akar pakis sebagai media tanam akan terus mendukung upaya Tigo untuk mengembangkan produk.

Dukungan itu, salah satunya diwujudkan dengan membantu pemasaran produk GoodFern di luar Pulau Bunyu.

"Tentu nanti akan dibantu untuk proses pemasarannya," kata Ratna Fitriana Dewi.

"Kami akan bermitra dengan galeri CSR di Tarakan, dan di Balikpapan ada beberapa store hidroponik yang akan kita pasok, dan tentu kami juga mendukung terkait pembuatan mesinnya," ujarnya.

Pihaknya berharap inovasi dari Pulau Bunyu itu juga dapat dirasakan oleh petani hidroponik lainnya di Indonesia. "Harapannya ini tidak hanya di Bunyu tapi juga di daerah lainnya," harapnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

(*)

Baca berita terkait lainnya di sini.

# lomba # Bulungan # Inovasi # teknologi # media tanam

Editor: Fitriana SekarAyu
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Tribun Kaltara

Tags
   #lomba   #Bulungan   #Inovasi   #teknologi   #media tanam
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved