Terkini Nasional

Potret Kondisi Demo di Iran Semakin Memanas, Korban Tewas Bertambah dan Internet Diputus

Jumat, 23 September 2022 10:16 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Demonstrasi memanas dan meluas di kota-kota Iran menyusul kemarahan publik atas kematian seorang wanita muda, Mahsa Amini ditahanan polisi moral.

Demonstrasi berkembang menjadi tuntutan kebebasan di Iran yang dihadapi dengan kekerasan oleh aparat keamanan. Sedikitnya dilaporkan korban tewas berjumlah 17 orang.

Baca: Harga BBM Naik, Pengusaha Penyeberangan Merak Banten Demo Tuntut Penyesuaian Tarif

Korban tewas terdiri dari demonstran, polisi, dan milisi pendukung pemerintah. Demonstran di Teheran dan kota-kota lain membakar kantor polisi.

Kemarahan publik atas kematian Mahsa Amini itu tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, dengan laporan pasukan keamanan diserang.

Baca: Massa Buruh Lakukan Long March Demo Tolak Kenaikan BBM, dari Puncak Bogor hingga Patung Kuda Arjuna

Mahsa Amini ditahan oleh polisi moral di Teheran pada 13 September 2022 karena tidak mematuhi aturan hijab. Kepolisian menyebut Amini jatuh sakit ditahanan dan meninggal pada 16 September 2022.

Namun para aktivis dan demonstran menyebut Amini dipukuli oleh polisi selama berada dalam tahanan yang memicu cedera serius hingga berujung kematian. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Berita Foto : Demo Memanas di Iran, Korban Tewas Bertambah dan Internet Diputus

# demo # Demonstrasi di Iran # Iran # Kematian Mahsa Amini # internet # Mahsa Amini # Demo Kematian Mahsa Amini

Editor: Wening Cahya Mahardika
Video Production: Tegar Melani
Sumber: Tribunnews.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved