Lifestyle

Visinema Pictures Laporkan Sejumlah Situs Ilegal yang Bajak Film 'Mencuri Raden Saleh'

Kamis, 22 September 2022 17:14 WIB
Grid.ID

TRIBUN-VIDEO.COM - Rumah produksi Visinema Pictures mengungkapkan kekecewaannya setelah film garapannya yang berjudul Mencuri Raden Saleh dibajak oleh sejumlah web ilegal.

"Tentunya, kalau kecewa kecewa pasti ada, namanya film dibajak," ujar Putro Mas Gunawan selaku Distributor Manager saat Grid.ID temui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/9/2022)

Oleh karena itu, pihak Visinema mengambil tindakan tegas dengan menempuh jalur hukum.

Pihak Visinema melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya, Jakarta pada Rabu (21/9/2022).

Saat ditemui, Putro Mas Gunawan selaku Distributor Manager mengaku jika film Mencuri Raden Saleh itu tayang di platform legal.

Namun ia menyayangkan, lantaran ,asih banyak website ilegal yang membajak film tersebut.

Baca: Film Mencuri Raden Saleh Dibajak, Visinema Pictures Laporkan 7 Website Ilegal & Ancam Denda Rp10 M

"Film itu kan kebanggaan dari sutradara, produser," tuturnya.

"Sebenarnya banyak platform legal kok, tapi masih banyak website seperti ini. Makanya dari Angga (Dwimas Sasongko) ingin ada penindakan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Putro menjelaskan, jika dari pihak Angga Dwimas Sasongko selaku pendiri Visinema Picture menginginkan adanya tindakan yang tegas.

Ia juga menuturkan bahwa sejumlah situs yang dilaporkan pihaknya kedatapan membajak film Mencuri Raden Saleh dengan cara merekam langsung tayangan itu di bioskop.

"Pada dasarnya kita datang ke sini karena ada pembajakan film beberapa website yang kami lampirkan juga sudah kami laporkan terkait dengan film Mencuri Raden Saleh karena pembajakannya itu yang bikin miris adalah adanya record langsung dalam bioskop," ungkapnya.

Rupanya tak hanya film Mencuri Raden Saleh, sebelumnya pihak Visinema juga pernah melaporkan pembajakan film yang berjudul Keluarga Cemara.

Baca: Setelah NKCTHI, Visinema Pictures Rilis Teaser Film Terbaru Generasi 90an: Melankolia

"Kalau teman-teman tahu, beberapa waktu lalu kita melakukan penindakan pada Aditya terkait pembajakan Keluarga Cemara. Saat ini kami akan melakukan tindakan yang sama terhadap website ini," ungkap Putro.

Namun hingga saat ini, pihak Visinema belum mengetahui siapa pengelola situs yang membajak film karya mereka.

Meski begitu, pihak Visinema berharap para pelaku pembajakan tersebut mendapat hukuman yang setimpal atas tindakannya itu.

"Enggak ada, langsung melaporkan. Ya mau somasi siapa orangnya nggak ketahuan. Udah jadi wilayah penyidikan lah," ucap Putro.

"Kalo dari visinema sendiri inginnya penegakan hukum. Ya orangnya berharap bisa ditangkap dan ditahan," jelasnya.

Laporan ini teregister dengan nomor LP/B/4844/IX/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 21 September 2022 dengan korban tertera PT. VISINEMA PICTURES.

Adapun pasal yang dikenakan kepada para terlapor adalah Pasal 9 Jo Pasal 113 UU NO.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan atau Pasal 32 Jo Pasal 48 UU NO.19 tentang ITE.

(Tribun-Video.com/Grid.id)

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul Film Mencuri Raden Saleh Dibajak, Visinema Pictures Minta Pelaku Mendapat Jerat Hukum

#Visinema Pictures #Situs Ilegal #pembajakan #Mencuri Raden Saleh

Baca Artikel Lainnya di Sini

Editor: Muhammad Eka Putra
Reporter: Isti Ira Kartika Sari
Video Production: Lamda Sharli Anbiya
Sumber: Grid.ID

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved