Terkini Daerah

Viral BLT BBM yang 'Disunat' di Blora, Ganjar Beri Peringatan: Tak Jewer Kalau Ada yang seperti Itu

Kamis, 22 September 2022 14:19 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyoroti adanya peristiwa pemotongan uang bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp 20.000.

Pemotongan itu diketahui dilakukan oleh istri salah satu perangkat desa di Kabupaten Blora.

Ganjar merasa peristiwa tersebut sangat memalukan. Apalagi peristiwa tersebut juga telah viral secara nasional.

"Tak jewer kalau ada yang seperti itu. Ini peringatan keras," ucap Ganjar secara virtual di hadapan para kepala desa dan forkopimda Blora, Rabu (21/9/2022).

Baca: Setelah Viral Potong BLT BBM Rp 20 Ribu, Istri Kadus di Blora Kini Minta Maaf dan Kembalikan Uang

Menurutnya, peristiwa yang terjadi itu harus segera diusut tuntas dan diselesaikan secara tegas oleh aparat penegak hukum. Sebab, proses pelaksanaan dana kompensasi BBM ataupun bantuan sosial lainnya tidak boleh disalahgunakan.

"Kalau saya ingatkan baik-baik tidak bisa, saya minta aparatur untuk bertindak tegas, enggak usah ragu-ragu, saya dukung," kata dia.

Agar peristiwa yang memalukan dan menghebohkan publik tidak kembali terulang, Ganjar menyarankan kepada para pemangku kebijakan untuk mengawal proses pelaksanaan distribusi bantuan sosial.

"Tolong, ini (BLT BBM) diberikan kepada mereka yang tidak mampu. Jangan diambil, serupiah pun tidak boleh, berikan kepada mereka. Mau pakai alasan apapun, tidak," terang dia.

Baca: Geger Pemotongan Dana BLT BBM di Blora, Ganjar Pranowo akan Jewer Pihak yang Selewengkan Dana

"Bahkan saya titip, kalau dia mau ngasih cashback atau uang kembali, Rp 1.000, Rp 10.000, Rp 50.000, tolak. Biarkan mereka yang berhak itu mendapatkan penuh dan itu mission accomplished, artinya kita sebagai aparatur ditugaskan untuk itu bisa berjalan," imbuh dia.

Sekedar diketahui, video berdurasi sekitar 2 menit 50 detik yang memperlihatkan sejumlah warga menyetor uang Rp 20.000 ke seseorang beredar luas di masyarakat.

Dalam video itu terlihat juga percakapan antara emak-emak yang menggunakan bahasa jawa terkait kegunaan uang tersebut.

Peristiwa tersebut dilakukan oleh istri salah satu perangkat desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Disinyalir uang Rp 20.000 yang disetorkan tersebut merupakan uang hasil pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan program sembako dari warga setempat.

# BLT BBM # Gubernur Jawa Tengah # Ganjar Pranowo # Blora # pemotongan

Baca berita lainnya terkait BLT BBM

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BLT BBM Disunat Rp 20.000 di Blora, Ganjar Beri Peringatan Keras: "Tak Jewer"

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Roni Yoga Irawan
Sumber: Kompas.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved