Terkini Daerah

Mantan Walkot Tangsel Airin Rachmi Diany Pernah Jadi Finalis Puteri Indonesia 1996

Kamis, 22 September 2022 10:39 WIB
Tribun Banten

TRIBUN-VIDEO.COM - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany tercatat pernah menjadi Putri Pariwisata dan Putri Favorit pada pemilihan Puteri Indonesia 1996.

Wanita kelahiran Banjar 28 Agustus 1976 itu juga pernah terpilih sebagai Mojang Provinsi Jabar 1995 dan Mojang Parahyangan Kodya Bandung 1995.

Prestasi tersebut didapatkan Airin saat menempuh pendidikan S1 Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung.

Seperti diketahui, Airin lebih dikenal publik sebagai Wali Kota Tangsel dua periode, tepatnya sejak Rabu (20/4/2011) hingga Selasa (20/4/2021).

Saat itu, Airin dan bersama wakilnya, Benyamin Davnie, berhasil mengalahkan calon pasangan lain dengan memperoleh suara terbanyak dalam Pilkada 2010, yakni mencapai 188.893 suara.

Baca: Kebakaran Pabrik di Tangerang, Petugas Pemadam Beberkan Dugaan Penyebabnya

Sebelum menduduki jabatan sebagai wali kota, ibu dua anak ini pernah bekerja sebagai notaris di Kabupaten Tangerang pada 2004.

Empat tahun kemudian, dia dipercaya menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang. Kemudian, ia mulai terjun ke dunia politik sebagai kader Partai Golongan Karya (Golkar).

Dengan dukungan dari Partai Golkar, Airin berhasil memimpin Tangsel selama dua periode hingga akhir masa jabatannya pada Selasa (20/4/2021).

Perlu diketahui, Airin merupakan Wali Kota Tangsel pertama sejak berdirinya kota ini pada 2008.

Selama menjabat pada 2010 hingga 2020, Airin telah mencatat berbagai keberhasilan dalam memimpin Tangsel.

Keberhasilan tersebut dibuktikan Airin melalui beberapa sektor. Pertama, di bidang kesehatan. Airin diklaim berhasil menurunkan angka kematian ibu melahirkan meningkatkan pelayanan kesehatan keluarga.

Selain itu, Airin juga berhasil dalam memenuhi sarana dan prasarana fasilitas kesehatan primer, seperti pembangunan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), baik baru, renovasi, atau rehabilitasi.

Data BPS mencatat, selama masa kepemimpinan Airin, Tangsel mengalami peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dari angka 76,99 pada 2011 menjadi 81,36 pada 2020.

Kedua, pembangunan infrastruktur. Kesuksesan Ketua Bidang Perempuan DPP Partai Golkar itu memimpin Tangsel juga dapat dilihat dari proyek pembangunan, seperti jalan, jembatan, dan trotoar.

Tak hanya itu, Airin juga berhasil membangun RSUD gedung tiga, gedung arsip, gedung inovasi center, gedung pelayanan publik, perpustakaan daerah, stadion mini Ciputat, serta community center.

Keberhasilan Airin juga terlihat dari pendapatan asli daerah (PAD) yang meningkat pesat. Di bawah kepemimpinan Airin, PAD Kota Tangsel mengalami lonjakan signifikan dari tahun ke tahun.

Untuk diketahui, PAD Kota Tangsel pada 2011 sebesar Rp 420,663 miliar.

Kemudian, pada 2013 melonjak menjadi Rp 728,965 miliar dan terus merangkak naik hingga Rp 3,8 triliun pada 2020.

Dilihat dari keberhasilan yang dicapai Airin untuk Tangsel, ia dapat dikatakan sebagai salah satu kepala daerah dengan kinerja yang baik.

Baca: Tiba di Indonesia, Jenazah Azyumardi Azra Langsung Disemayamkan di Rumah Duka di Tangerang Selatan

(*)

Artikel ini telah tayang di TribunBanten.com dengan judul Bikin Bangga, Kisah Masa Muda Airin, Mantan Walkot Tangsel Jadi Finalis Puteri Indonesia

# Wali Kota Tangerang Selatan # Airin Rachmi Diany # Putri Pariwisata # Puteri Indonesia

Baca berita terkait di sini.

Editor: Erwin Joko Prasetyo
Video Production: Ardrianto SatrioUtomo
Sumber: Tribun Banten

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved