Travel

Fauna yang Bisa Wisatawan Temukan di Pantai Wayob, Fakfak, PapuaBarat: Bisa Temukan Burung Camar

Kamis, 22 September 2022 10:41 WIB
Tribun Papua

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-VIDEO.COM, FAKFAK - Kabupaten Fakfak di Provinsi Papua Barat merupakan surganya pantai-pantai berpasir putih yang memiliki spot diving atau menyelam terbaik, untuk melihat terumbu karang dan keanekaragaman biota laut di dalamnya.

Salah satunya Pantai Wayob yang terletak di belakang Pulau Panjang di Fakfak Papua Barat.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Fakfak, Tribun-Papua.com berkesempatan menjelajah Pantai Wayob ini pada Minggu (8/5/2022).

Pantai Wayob ini mempunyai garis pantai yang amat panjang dan berpasir putih, serta sepanjang pesisir pantai berjejer pohon kelapa.

Wisatawan secara mandiri harus menyewa alat transportasi milik masyarakat tersebut, untuk dapat menuju ke Pantai Wayob dengan harga yang berbeda-beda, dan tergantung kesepakatan bersama pemilik perahu.

Sangat beruntung, jika salah satu wisatawan dari rombongan mempunyai relasi dekat dengan pemilik perahu fiber atau yang biasa dikenal dengan johnson, karena harganya bisa lebih murah.

Waktu tempuh dari Kota Fakfak menuju objek Wisata Pantai Wayob yang terletak di belakang Pulau Panjang, sekira 25 menit menggunakan perahu fiber johnson dengan kekuatan 2 unit mesin 40 pk.

Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut Kota Fakfak dan sekitarnya, sembari melihat potret Pulau Panjang dan Pulau Ega di arah depan.

Baca: Pantai Legian, Destinasi Wisata di Bali yang Letaknya Bersebelahan dengan Pantai Kuta

Untuk menuju Pantai Wayob, lajur kemudi diarahkan ke arah barat, tepatnya memasuki ujung barat Pulau Panjang, hingga mendekati Pulau Ega sejauh beberapa mil, baru kemudian memasuki area belakang Pulau Panjang.

Setelah itu, hamparan perairan jernih, terumbu karang, dan pasir putih akan menyapa para wisatawan saat tiba di Pantai Wayob.

Wisatawan tak perlu khawatir, apabila bepergian pada cuaca teduh, maka kondisi perairan sangat ramah, dan tidak bergelombang.

Di objek wisata Pantai Wayob, wisatawan bebas memilih spot untuk berhenti, misalnya di bagian ujung barat atau timur, dengan nuansa yang berbeda-beda.

Pada ujung barat Pantai Wayob, terdapat fasilitas ayunan dan lokasi yang cenderung sepi dan cocok untuk bersantai, agar menyatu dengan alam.

Kemudian pada ujung timur, terdapat gazebo atau tempat duduk yang dibuat oleh Pemerintah, untuk lokasi bersantai para wisatawan yang datang.

Jangan sungkan untuk bersantai, karena fasilitas di Pantai Wayob semuanya disediakan gratis, bahkan karena letaknya yang relatif tidak satu daratan dengan Kota Fakfak, maka biaya masuk digratiskan ke lokasi wisata yang satu ini.

Baca: Warga Pesisir Pantai Kelurahan Bitung Keluhkan Pencemaran Pantai, Air Laut Bercampur dengan Oli

Pantai Wayob telah lama dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Fakfak, sebagai salah satu destinasi populer di daerah itu.

Bahkan kala dulu, pernah dibangun gazebo atau tempat duduk dengan payung untuk berteduh dari terik matahari, ataupun hujan di sepanjang pinggiran pantai, namun kini sudah tak ada lagi.

Pantai Wayob memiliki ekosistem yang terdiri dari ekosistem mangrove, lamun dan terumbu karang, yang masih alami dengan kondisi sangat baik.

Ekosistem mangrove dapat pengunjung atau wisatawan jumpai di pinggiran pantai dengan vegetasi yang sangat kompleks, karena terdapat jenis Nypa dan Scyphyphora.

Sementara ekosistem Lamun dapat wisatawan amati, saat berada di perairan lepas Pantai Wayob yang dangkal.

Lalu, untuk ekosistem terumbu karang, dapat dilihat dan dinikmati saat berada di perairan dangkal, maupun yang lebih sehat terumbu karangnya dapat ditemukan di laut sekitar Pantai Wayob.

Fauna yang bisa wisatawan temukan di Pantai Wayob ialah sekelompok Burung Camar, yang akan terbang melintasi Pantai Wayob, seakan-akan menyambut para pengunjung yang datang.

Kondisi geologis di sekitar Pantai Wayob didominasi oleh bebatuan cadas yang bersusun dengan pasir putih halus yang terhampar membentuk teluk, hingga ke tanjung.

Adapun karena letak dan posisinya di Pulau Panjang yakni sebuah pulau di depan Kabupaten Fakfak yang sedikit penghuninya, pantai ini terkesan seperti "private beach", yang cukup jarang dikunjungi saat akhir pekan.

Dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Fakfak, Pantai Wayob merupakan salah satu prioritas destinasi wisata pantai dan bahari yang dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Fakfak, dengan menetapkan spot-spot penyelaman di sekitar perairan.

Sekadar informasi tambahan, pada lokasi pantai ini tidak terdapat kios, toko, maupun sentra penjualan makanan lainnya, karena letaknya di belakang sebuah pulau yang tidak satu daratan dengan Kota Fakfak.

Untuk itu, sangat disarankan agar anda sebagai wisatawan dapat membawa perbekalan sendiri, dan menikmati keindahan Pantai Wayob dengan keluarga, kerabat, maupun rekan-rekan anda. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Eksotisme Pantai Wayob Fakfak Papua Barat, Hamparan Pasir Putih hingga Wisata Diving

# wisatawan # Burung Camar # Fakfak # Papua Barat

Editor: Wening Cahya Mahardika
Video Production: Puput Wulansari
Sumber: Tribun Papua

Tags
   #wisatawan   #Burung Camar   #Fakfak   #Papua Barat
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved