Terkini Nasional

Atlet Panjat Tebing Bertemu Jokowi di Istana, Ada Kiromal Katibin Pegang Rekor Dunia Panjat Dinding

Rabu, 21 September 2022 21:27 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo menerima atlet dan pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (21/9/2022) siang.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid mengatakan, ia dan rombongan berkunjung ke Istana untuk melaporkan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing yang akan digelar di Jakarta, 24-26 September akhir pekan ini.

"Hari ini diterima oleh Presiden untuk melaporkan rencana kegiatan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing yang akan berlangsung tanggal 24 sampai 26 September 2022 di Jakarta. Areanya sendiri di SCBD di lot 16. Acara ini terbuka untuk umum, semua boleh hadir," kata Yenny seusai pertemuan.

Yenny mengatakan, dalam kejuaraan yang diikuti sekitar 200 atlet dari 27 negara ini, Indonesia mengirimkan 42 orang atlet terdiri dari 20 atlet kategori speed dan 22 atlet kategori lainnya.

Baca: Ibu Negara Iriana Jokowi akan Berkunjung ke Masaran Sragen, Ada Bantuan Paket Sembako

"Indonesia punya atlet-atlet unggulan, terutama dari kategori speed dan atlet-atlet kita adalah atlet-atlet yang saat ini cukup mendominasi peringkat-peringkat dunia," kata Yenny.

Yenny mengatakan, salah satu atlet andalan Indonesia adalah Kiromal Katibin yang memegang rekor dunia memanjat dinding setinggi 15 meter hanya dalam waktu 5,00 detik.

Rekor yang dipecahkan Katibin di Perancis pada Juli 2022 lalu mempertajam rekor yang ia ciptakan di Amerika Serikat pada 2021 dengan raihan 5,25 detik.

Baca: Kisah Sopir Ambulans yang Angkut Ratusan Jenazah di Cilodan, Terkapar Sakit dan Sering Mimpi Aneh

"Kita berharap rekor ini bisa terus dipertahankan syukur-syukur dipecahkan lagi oleh dia di kejuaraan di Jakarta ini," ujar Yenny.

Selain Katibin, atlet andalan Indonesia lainnya adalah Veddriq Leonardo yang kini berada di puncak klasemen pada kualifikasi untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024.

"Kami tadi mendapat arahan dari Presiden agar prestasi yang sudah dicapai ini bisa diteruskan sampai ujungnya nanti di Olimpiade di Paris 2024, Indonesia bisa menyumbangkan insya allah medali emas," kata Yenny. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akan Hadapi Kejuaraan Dunia, Atlet Panjat Tebing Bertemu Jokowi di Istana"

# Istana Negara # Atlet Panjat Tebing # Jokowi # Presiden Jokowi

Editor: Ramadhan Aji Prakoso
Video Production: Tia Kristiena
Sumber: Kompas.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved