Terkini Daerah

Lokasi Percetakan Surat Suara Pemilihan Wabup Matim Sisa Jabatan 2019-2024 Dijaga Ketat oleh Aparat

Rabu, 21 September 2022 17:44 WIB
Tribunnews.com

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUN-VIDEO.COM - Panitia Pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur Sisa Masa Jabatan 2019-2024 telah resmi menetapkan dua orang nama sebagai Calon Wabup Manggarai Timur Sisa Jabatan 2019-2024.

Adapun ke dua nama yang ditetapkan sebagai Calon Wabup (Cawabup) itu yakni Heremias Dupa dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur dan Siprianus Habur dari PBB yang sebelumnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur.

Pada agenda, Rabu 21 September 2022, Panitia Pemilihan melakukan percetakan surat suara Pemilihan Cawabup Sisa Jabatan 2019-2024.

Pantauan TRIBUNFLORES.COM, Rabu siang terlihat proses percetakan surat suara ini berlangsung di tempat percetakan Angkasa Media Kreatif di Peot, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong.

Tampak dalam proses percetakan ini dikawal dan jaga ketat oleh aparat keamanan dari Kepolisian Polres Manggarai Timur dan Sat Pol PP Kabupaten Manggarai Timur.

Baca: Puluhan Nelayan dan Sopir Angkutan Umum di Borong Dapat Bansos Beras dari Polres Manggarai Timur

Terpantau juga turut hadir sejumlah anggota Panitia Pemilihan yang juga sebagai anggota DPRD yakni Gorgonius Bajang dan Agustinus Tangkur bersama sejumlah anggota Panitia serta sejumlah pegawai dari Sekertariat Dewan dan Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Timur.

Kapolres Manggarai Timur, AKBP I Ketut Widiarta, S.H.,S.I.K.,M.Si, kepada TRIBUNFLORES.COM, menerangkan anggota Polisi akan melakukan penjagaan dan pengawalan ketat selama 24 jam mulai dari proses pencetakan surat suara hingga pada pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur sisa Jabatan 2019-2024 pada tanggal 23 September 2024 mendatang.

Selain itu juga, anggota polisi dengan berseragam lengkap juga melakukan penjagaan dan pengamanan di rumah pribadi dari masing-masing kandidat Calon Wakil Bupati tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua Panitia Pemilihan, Damu Damianus, juga kepada TRIBUNFLORES.COM, juga merangkan, proses yang dilakukan oleh Panitia pemilihan Wabup Sisa Jabatan 2019-2024 telah melewati berbagai etape mulai dari pengumuman pendaftaran para calon, penetapan kedua nama calon yakni Heremias Dupa dan Siprianus Habur, Rapat Paripurna DPRD Pengumuman Calon, pengundian nomor urut kedua calon dan hasilnya Siprianus Habur nomor urut 1 dan Heremias Dupa nomor urut 2.

Baca: SPBU di Borong Manggarai Timur Dijaga Ketat Aparat Kepolisian, Antisipasi Ada Lonjakan Antrian

Selanjutnya, jelas Damu, Rabu 21 September 2022 hari ini dilakukan pencetakan surat suara. percetakan surat suara ini dilakukan setelah dilakukan rapat penentuan kesepakatan bersama antara panitia dan ke dua kandidat terkait spesimen surat suara.

"Jadi sudah ada kesepakatan baik panitia pemilihan maupun ke dua kandidat calon, sehingga hari ini sudah mulai percetakan surat suara," terangnya.

Damu juga mengatakan, dalam proses percetakan hingga shortir surat suara dan pemilihan nanti sudah dirancang dengan baik dimana untuk menjaga keamanan maka dijaga dan diawasi oleh aparat kepolisian dan Sat Pol PP.

Damu juga mengatakan, sebelum dilakukan pemilihan oleh anggota DPRD nantinya pada tanggal 23 September 2022, pada Kamis 22 September 2022 besok hari akan dilakukan pemaparan visi-misi Matim SEBER dari ke dua calon Wakil Bupati tersebut.

Baca: Potret Turis Swiss Ikut Menyiang Rumput Bersama Petani, Daya Tarik Wisata di Manggarai Timur NTT

"Meskipun ini bersifat pengisihan sisa masa jabatan Wakil Bupati 2019-2024, tetapi tentu para anggota DPRD seluruhnya juga sebelum menentukan pilihan tentu ingin mendengar semangat mereka walaupun visi-misi mereka itu untuk melanjutkan Visi-misi SEBER dari paket ASET sebelumnya," terang Damu.

Ditanya bagaimana untuk menjaga profesional dalam pemilihan karena pemilihan dilaksanakan oleh anggota DPRD, kata Damu, diharapkan karena pemilihan melalui anggota DPRD, maka tunjukkan pemilihan bermartabat.

Damu juga menjelaskan, secara regulasi dilakukan pemilihan kembali Wakil Bupati Sisa Jabatan 2019-2022, karena jabatan Wakil Bupati saat ini lowong. Sesuai regulasi jika sisa masa jabatan yang ditinggalkan minimal 18 bulan ke atas.

Jabatan Wabup sebelumnya dijabat oleh Alm Jaghur Stefanus telah meninggal dunia pada bulan Maret 2022 lalu. Karena itu dilakukan pemilihan Wabup untuk mendampingi Bupati Agas Andreas dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur di sisa jabatan tersisa.

(*)

Baca berita terkait lainnya di sini.

# percetakan # surat suara # Wakil Bupati # Manggarai Timur # panitia

Editor: Fitriana SekarAyu
Video Production: Yudi Irwansyah
Sumber: Tribunnews.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved