travel

Marak 'Catcalling' Wisatawan Wanita di Gili Trawangan, Menparekraf Sandiaga Uno akan Bertindak Tegas

Rabu, 21 September 2022 10:24 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Baru-baru ini viral sebuah video seorang wanita yang mengaku mendapat perlakuan tidak menyenangkan saat liburan ke Gili Trawangan.

Wisatawan wanita tersebut mengungkapkan jika dirinya kena catcalling sejak di pelabuhan saat liburan ke Gili Trawangan.

Keluhan wisatawan wanita tersebut lantas mendapat respon dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Melalui akun Instagramnya @sandiuno, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya akan menindak tegas oknum yang melakukan pelecehan seksual secara verbal.

Sementara dalam video yang diunggah, wanita tersebut mengatakan, "Catcalling di Gili bener-bener ga main main bestie, sorry to say. And it makes me uncomfortable to going back to that island. Padahal pantai nya bagus banget dan diving spot nya juga bagus."

Sandiaga Uno menanggapi video viral wanita itu dan mengatakan, "NTB ini kan adalah destinasi pariwisata yang ramah muslim."

Sekali lagi, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa perbuatan pelecehan seksual verbal sangat mengganggu kenyamanan siapapun.

"Saya langsung berkoordinasi dan meminta untuk ditindak tegas oknum yang melakukannya supaya kejadian ini Tidak TERULANG LAGI," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya.

Baca: Viral Perempuan dapat Pelecehan Verbal di Gili Trawangan, Sandiaga Uno Ngaku Priahtin

Baca: 50 Kamar di Jambuluwuk Oceano Resort Terbakar, Berikut Kronologi Kebakaran di Gili Trawangan

"Saya mohon, tolong kita jaga bersama-sama citra dan reputasi pariwisata Indonesia yang ramah demi meningkatnya kembali peluang usaha dan lapangan kerja," pungkas Sandiaga Uno.

Canggu menjadi sorotan belakangan ini lantaran keluhan masyarakat setempat terkait polusi suara.

Kebisingan dari kelab malam dan bar di Canggu, membuat masyarakat setempat mulai merasa terganggu.

Terlebih Canggu menjadi surga baru bagi turis asing, terutama para digital nomad.

Hal ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno harus turun tangan.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Sandiaga Uno menegaskan bahwa tata cara pariwisata harus menyesuaikan dengan aturan lokal yang berlaku.

Ia mengajak para wisatawan untuk menjunjung tinggi adat istiadat dan norma yang ada.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno meminta bantuan aparat setempat untuk berkolaborasi dalam menindak tegas suara-suara menggelegar yang berasal dari bar dan beach club di Canggu sampai jam 4 pagi.

Sandiaga Uno mengaku bahwa ia mendapat keluhan dari para pemilik hotel berkaitan dengan kebisingan yang ada di wilayah Canggu sekira 1,5 tahun yang lalu.

Ia pun sudah menurunkan tim dan memang di tengah pandemi kegiatan pariwisata Canggu belum terlalu padat dan kunjungan wisatawan belum banyak sehingga tidak terlalu berdampak.

Namun kini, di mana kunjungan wisatawan sudah di atas 10 ribu per hari untuk wisatawan mancanegara, menimbulkan bukan hanya kepadatan tapi kebisingan yang luar biasa sampai jam 4 pagi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sandiaga Uno bekerja sama dengan aparat setempat memberikan satu pesan yang tegas dan lugas agar seluruh peraturan ditegakkan.

Pihaknya juga memastikan kearifan lokal masyarakat Bali yang adat istiadatnya sudah dikenal mengedepankan toleransi kebersamaan bisa menjadi satu pedoman yang tentunya dipatuhi.

Sandiaga menuturkan, Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Ia juga meminta kepada para pelaku usaha pariwisata di Canggu untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Sumber: https://travel.tribunnews.com/2022/09/20/sandiaga-uno-akan-tindak-tegas-oknum-catcalling-wisatawan-wanita-di-gili-trawangan?page=all

# Gili Trawangan # viral # Sandiaga Uno # Catcalling

Editor: Restu Riyawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: TribunTravel.com

Tags
   #viral   #Gili Trawangan   #Sandiaga Uno   #Catcalling
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved