Otomotif

Presiden Jokowi Wajibkan Kendaraan Listrik untuk Operasional Pemerintahan, Bisa Disewa Dulu

Kamis, 15 September 2022 19:06 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta setiap instansi pemerintahan mulai menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas.

Penggunaan kendaraan dinas operasional ini dapat dilakukan melalui skema pembelian, sewa, dan/atau konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Dikutip dari Kompas.com, perintah kendaraan listrik menjadi kendaraan dinas tersebut termaktub dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Inpes tersebut berisi tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca: Ini 3 Rekomendasi Motor Listrik Murah Mirip Vespa, Harga Mulai Rp 8 Jutaan

Aturan ini sejalan dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau yang memiliki slogan KBLBB untuk mencapai zero net emission di Indonesia pada 2060.

Presiden Jokowi menginstruksikan kepada 10 level pemerintahan yang akan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas.

Mencangkup para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung Republik Indonesia, Kepala Staf Kepresidenan, dan Panglima Tentara Nasional RI.

Baca: Erick Thohir Ajak Perusahaan & Karyawan BUMN Beralih ke Kendaraan Listrik karena Biaya Lebih Murah

Kemudian, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, dan Para Bupati/Wali Kota.

"Khusus kepada para gubernur, bupati, dan wali kota untuk memberikan insentif fiskal dan nonfiskal berupa kemudahan dan prioritas bagi penggguna KBLBBsesuai dengan peraturan perundang-undangan," tulis Inpres tersebut.

Tak hanya itu saja, kepala daerah juga diminta untuk mengawasi setiap satuan kerja perangkat daerah dalam memantau perkembangannya sebagai kendaraan operasional.

(Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu"

# Jokowi # instansi # Pemerintah # kendaraan listrik # baterai

Editor: Fitriana SekarAyu
Reporter: Feba Fadhiliana
Video Production: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Kompas.com

Tags
   #Jokowi   #instansi   #Pemerintah   #kendaraan listrik   #baterai
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved