Olahraga

Bermain di Piala Dunia Amputasi 2022, Fisioterapis Dampingi Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia

Senin, 12 September 2022 11:08 WIB
BolaSport.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Peran penting fisioterapi bagi timnas sepak bola amputasi Indonesia dalam rangka mempersiapkan tim menatap Piala Dunia Amputasi 2022 Turki yang mulai bergulir pada 1-9 Oktober mendatang.

Hal itu sangat dirasakan oleh skuad timnas sepak bola amputasi Indonesia.

Diwakili oleh kapten timnas sepak bola amputasi Indonesia, Aditya, dia sangat mengapresiasi kinerja maksimal yang diberikan oleh tenaga fisioterapis.

"Memberikan kontribusi yang bagus untuk timnas (sepak bola amputasi Indonesia)," ucap Aditya.

"Adanya fisioterapi saya berterima kasih, teman-teman yang mengalami cedera, recovery, perawatan jadi lebih cepat," ujarnya..

Sementara berdasarkan keterangan dari Ria Nur Andriani, S.Tr.Ft, selaku fisioterapi Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Columbia Asia Pulomas dan timnas sepak bola amputasi Indonesia menuturkan, jumlah kasus cedera yang ditangani di skuad Garuda INAF mayoritas terletak pada bagian engkel, lutut, serta tangan, karena penggunaan tongkat, luka benturan atau beban tumpuan yang salah.

"Karena mereka hanya ada satu kaki, jadi tumpuannya ikut bermasalah, kalau untuk penanganan harus dilihat lebih dulu lokasi dan derajat cederanya, baru ditentukan bentuk penanganannya. Selain dilakukan di Rumah Sakit, penanganan jg dilakukan oleh tim fisioterapis di mes pemain agar lebih maksimal," kata Ria.

Baca: Cerita Bayu Gatra Jalani Pemulihan Cedera Bersama Fisioterapi Madura United: 2 Bulan Genjot Fisik

Baca: Tengah Masa Pemulihan Pascaoperasi Pendarahan Otak, Tukul Arwana Rutin Jalani Fisioterapi Robotik

Ria menambahkan, saat ini dia dan tim Fisioterapis mempunyai tugas khusus dari pelatih kepala untuk menangani pemain yang cedera dan memaksimalkan potensi pemain agar semakin siap saat mengikuti pertandingan di Piala Dunia Amputasi 2022 nanti.

"Untuk program fisioterapi sebetulnya sudah berjalan selama tiga bulan terakhir ini, saat ini kami fokus memberikan injury preventing exercise, kami bekerja sama dengan staf kepelatihan yang lain untuk untuk menjaga kondisi fisik pemain dan meminimalisir resiko cedera pada pemain," tutur Ria.

Ajat Sudrajat, S.FT selaku penanggung jawab program fisioterapi timnas sepak bola amputasi Indonesia sekaligus Head of Department Fisioterapi RSKB Columbia Asia Pulomas bersyukur dapat menjadi bagian dari tim besutan Bayu Guntoro itu dalam berjuang di Piala Dunia Amputasi 2022.

"Kami bersyukur menjadi bagian dari persiapan dan perjuangan timnas amputasi menuju Piala Dunia di Turki," ucap Ajat.

"Fisioterapi memiliki peran sangat penting, peran kami tidak hanya saat pemain mengalami cedera tapi juga untuk meminimalisir resiko cedera pada pemain. Karena yang kita tahu, sepak bola biasa dan amputasi berbeda, dimana mereka membutuhkan keseimbangan tubuh, kekuatan otot kaki dan juga tangan yang lebih baik, karena sehari-hari mereka hanya menggunakan satu tungkai, sehingga otomatis beban tumpuan di kaki engkel, tangan, lumayan besar, mereka harus lari dan melakukan aktivitas kesehariannya juga menggunakan tongkat, jadi fisioterapi tidak hanya memiliki peran saat pertandingan dilapangan tapi juga saat melakukan aktivitas diluar lapangan," kata Ajat.

Baru-baru ini pun diperingati Hari Fisioterapi Sedunia pada 8 September dan perayaan Hari Olahraga Nasional pada 9 September.

Ajat berharap fisioterapis dapat terus memberikan sumbangsih terhadap Indonesia dalam hal kesehatan.

"Kami dan Ikatan fisioterapi Indonesia berharap terus bisa memberikan kontribusi langsung kepada bangsa dan negara dalam bidang kesehatan, terutama dapat berkontribusi lebih pada kegiatan olahraga," kata Ajat.

Lebih lanjut, timnas sepak bola amputasi Indonesia diharapkan dapat bermain dengan leluasa di Piala Dunia Amputasi 2022.

"Pemain fokus saja pada pertandingan sesuai dengan skema permainan yang diarahkan tim pelatih, untuk urusan pencegahan dan penanganan cedera biarkan kami yang menanganinya," tutup Ajat.

Pada Piala Dunia Amputasi 2022, timnas sepak bola amputasi Indonesia tergabung di Grup C bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Sumber: https://www.bolasport.com/read/313471750/fisioterapis-dampingi-timnas-sepak-bola-amputasi-indonesia-mentas-di-piala-dunia?page=all

# fisioterapi # Timnas Sepak Bola # amputasi # Piala Dunia

Editor: Restu Riyawan
Video Production: Muhammad Taufiqurrohman
Sumber: BolaSport.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved