Travel

Gelaran Pameran Artefak Kerajaan Dharmasraya, Hasil dari Ekskavasi Tahunan

Sabtu, 20 Agustus 2022 19:29 WIB
Tribun Padang

TRIBUN-VIDEO.COM, DHARMASRAYA - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat (Sumbar), menggelar pameran artefak peninggalan Kerajaan Dharmasraya, dalam Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi di Area Candi Pulau Sawah, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar.

Serupa dengan Festival Pamalayu, pameran artefak juga akan berlangsung mulai dari Kamis (18/8/2022) hingga Selasa (23/8/2022) mendatang.

Kepala BPCB Sumbar, Teguh Hidayat menyebut, pameran artefak ini hasil dari program kerja yang setiap tahun dilakukan pihaknya yaitu ekskavasi atau penggalian arkeologis.

"Berbagai macam artefak yang kami tampilkan di sini mayoritas hasil dari ekskavasi yang kami lakukan di Candi Pulau Sawah," ungkapnya kepada TribunPadang.com, Jumat (19/8/2022).

Baca: Memaknai Arti Kemerdekaan melalui Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Terpantau TribunPadang.com, artefak yang ditampilkan berupa beberapa arca, lempengan logam yang bertuliskan mantra budha, batu bata dan artefak lainnya.

Selain itu juga ada penjelasan tentang sejarah peradaban Kerajaan Dharmasraya.

"Kami hadir di sini bertujuan untuk memperlihatkan langsung kepada masyarakat terkhusus yang ada di Dharmasraya, bahwa di daerah ini pernah ada peradaban Kerajaan Dharmasraya yang pernah berjaya pada masa lampau," ujarnya.

Dikatakannya, pameran ini juga bertujuan untuk memperlihatkan langsung kepada para pelajar, sehingga tidak hanya belajar dari buku, mereka juga bisa melihat bukti sejarah yang sebenarnya, seperti candi dan penemuan artefak yang ada.

Baca: Museum Sejarah Islam Hadir di Bekasi, Bisa untuk Wisata Edukasi dan Melihat Barang-barang Rasulullah

Kata Teguh, Festival Pamalayu diharapkan bisa terus berlangsung setiap tahunnya, sehingga pergelaran ini bisa menjadi cri khas dari daerah Dharmasraya.

"Jika Festival Pamalayu ini nanti sudah selesai digelar, masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari peradaban Dharmasraya ini bisa mengaksesnya di website BPCB Sumbar," tutur Teguh.

Teguh berharap, pembangunan museum yang direncanakan Pemkab Dharmasraya dengan Kementrian PUPR bisa segera terlaksana, agar adanya pusat informasi yang bisa akses oleh masyarakat.

Sementara, Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebut, Menteri PUPR sudah memberikan disposisi untuk pembugaran Candi Pulau Sawah dan pembangunan Museum di Area tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Artefak Candi Pulau Sawah Dipamerkan di Festival Pamalayu 2022, Bukti Peradaban Kerajaan Dharmasraya

# Festival Pamalayu 2022 # Artefak # Candi Pulau Sawah # Padang

Editor: bagus gema praditiya sukirman
Video Production: Latif Ghufron Aula
Sumber: Tribun Padang

Tags
   #Candi   #artefak   #ekskavasi   #Kerajaan   #pameran
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved