Terkini Daerah

Aksi Tanam Pohon hingga Beasiswa di Run IPB 2022, Dukung Kepedulian Lingkungan dan Pendidikan

Minggu, 14 Agustus 2022 08:02 WIB
Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUN-VIDEO.COM - IPB University bersama Himpunan Alumni (HA) IPB University menggelar IPB RUN 10K 2022.

Kegiatan yang akan gelar pada 2 Oktober 2022 nanti, yang juga merupakan salah satu dari acara peringatan Dies Natalis ke-59 IPB University.

Ketua HA IPB University, Walneg S Jas mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya berlari sebagai lifestyle, IPB RUN 10K 2022 juga berkontribusi melestarikan bumi dan mencerdaskan generasi.

"Hal ini menjadi bagian dari setiap langkah pada event ini, pelestarian bumi diwujudkan dengan aksi penanaman pohon," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, di Gedung Rektorat IPB University, Sabtu (13/8/2022).

Baca: Kejagung Siapkan 30 Jaksa Tangani Kasus Pembunuhan Brigadir J yang Didalangi Irjen Ferdy Sambo

Dengan mengusung tema #inspiringrunfortheearth serta #LaridanPeduli, tujuan utama pada kegiatan ini untuk mendukung kepedulian akan lingkungan dan dunia pendidikan melalui pemberian beasiswa.

Selain itu, ada juga penanaman satu pohon satu peserta, yang di mana melalui dunia pendidikan akan diberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi.

Walneg S Jas menjelaskan bahwa terdapat dua kategori yang diperlombakan yaitu dengan jarak 5K dan 10K, kompetisi umum dan kompetisi internal (bagi alumni dan mahasiswa IPB University).

"Para peserta IPB RUN 10K 2022, berkesempatan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total sebesar Rp 50 juta serta 1.000 buah medali, lalu berbagai doorprize menarik juga disiapkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh peserta bernomor dada," jelasnya.

Untuk jarak 5K, nantinya titik start dan finish berada pada lingkungan dalam kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor.

Baca: Prediksi Cuaca Minggu 14 Agustus 2022: BMKG Perkirakan 26 Wilayah Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Untuk rutenya, peserta akan melewati beberapa titik water station dan titik penyemangat dengan suguhan penampilan mahasiswa.

Pada jarak ini, yang membedakan dengan rute 10K adalah peserta akan melintasi kawasan kandang peternakan dan kawasan budidaya pembibitan, serta beberapa tanjakan dan turunan yang membuat pelari semakin tertantang dan penuh semangat.

Rektor IPB University, Prof. Arif Satria memaparkan bahwa kegiatan ini untuk memasyarakatkan kegiatan olahraga.

"Disaat Covid-19 ini semakin pentingnya olahraga untuk meningkatkan imunitas, oleh karena itu olahraga yang membangkitkan eksperience baru itu harus kita dorong," paparnya.

Terlebih lagi, kata Arif Satria kegiatan ini dapat menyajikan eksperience baru bagi para pelari nantinya.

Eksperience baru ini menurutnya, dari segi lokasi, rute, kontur dan ada pula semangat green dalam penyelenggaraannya.

Arif Satria menegaskan bahwa IPB RUN 2022 ini adalah Green IPB RUN.

Baca: Berawal dari Tugas Kuliah, Benny Santoso Kini Sukses Jadi Pengusaha Tempe Beromzet Ratusan Juta

"Maka, karena memang akan diakhiri dengan menanam pohon, itu adalah sekaligus memasyarakatkan semangat green," jelasnya.

Pada kegiatan IPB RUN 10K 2022 ini juga dikelola oleh PT Abdi Perdana Kusuma, yang dikenal dengan nama Abdi Event sebagai event organizer.

Sementara itu, Direktur Abdi Event, Herliyantorbi Natakusuma menambahkan bahwa dengan melihat ajang IPB RUN 10K 2022, ini merupakan kegiatan bergengsi, yang di mana event tersebut turut didukung oleh para sponsor.

"Sehingga ajang ini diharapkan membuat semakin banyak peminat olahraga lari, baik individu, komunitas maupun mahasiswa dan alumni yang hendak menikmati pesona alam yang hijau di Kampus IPB Dramaga," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul IPB RUN 10K 2022, Aksi Tanam Pohon dan Berlari Hingga Beri Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi

# Aksi Tanam Pohon # tanam pohon # Institut Pertanian Bogor (IPB) # IPB University

Editor: Ramadhan Aji Prakoso
Video Production: Lulu Adzizah F
Sumber: Tribunnews Bogor

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved