HUT ke-77 RI

Keterlibatan Achmad Soebardjo dalam Perundingan Teks Proklamasi Bersama Soekarno dan Hatta

Jumat, 5 Agustus 2022 20:26 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Achmad Soebardjo yang memiliki nama asli Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo adalah salah satu sosok pahlawan nasional.

Selain menjadi Menteri Luar Negeri pertama, Achmad Soebardjo juga dikenal terlibat dalam perjuangan merebut kemerdekaan .

Achmad Soebardjo dianggap sebagai salah satu tokoh berpengaruh besar dalam sejarah Indonesia.

Berikut adalah biografi singkat Achmad Soebardjo dan perannya dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Biografi Singkat Achmad Soebardjo Dilansir dari laman Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia, Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo lahir di Teluk Jambe, Karawang, pada tanggal 23 Maret 1896.

Baca: HUT ke-77 RI: Sayuti Melik Penulis Teks Proklamasi Kemerdekaan, Keluar Masuk Penjara Demi Negara

Ia merupakan bungsu dari empat bersaudara, anak pasangan Teuku Jusuf dan Wardinah.

Semula Achmad Soebardjo diberi nama Teuku Abdul Manaf oleh kedua orang tuanya.

Namun, nama yang belakang digunakannya berubah menjadi Soebardjo. Sementara, Kakeknya dari pihak ibu menambahkan nama Achmad di depannya, sehingga namanya menjadi Achmad Soebardjo .

Achmad Soebardjo diketahui menikah dengan Raden Ayu Pudji Djoyoadusuryo.

Ia wafat pada tanggal 15 Desember 1978 di Jakarta yang atas permintaanya kemudiam dimakamkan di tanah milik sendiri di Jl. Panatraco, Desa Cibogo, Jawa Barat .

Keterlibatan Achmad Soebardjo pada Perumusan Naskah Proklamasi

Perundingan terkait proklamasi berlanjut di rumah Rumah perwira tinggi Angkatan Laut Jepang di Indonesia Laksamana Tadashi Maeda, yang berada di Jalan Meiji Dori (Jalan Imam Bonjol Nomor 1), Jakarta Pusat.

Baca: Perjuangan Oto Iskandar Di Nata untuk Mencapai Kemerdekaan, Ini Perannya dalam Sidang PPKI

Pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari, disepakati bahwa proklamasi kemerdekaan akan tetap dilaksanakan tanpa persetujuan Angkatan Darat Jepang.

Ketika Soekarno dan Hatta, akan menyusun teks proklamasi , Soebardjo juga dilibatkan dalam diskusi ini.

Soekarno menuliskan kutipan teks dari bab pembukaan UUD yang diucapkan Soebardjo yang kemudian digunakan di dalam teks awal proklamasi .

Selanjutnya, diskusi terjadi untuk membenahi beberapa istilah di dalam teks proklamasi sebelum akhirnya diketik. Teks proklamasi yang sudah diketik itulah yang akhirnya dibacakan di peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 pada 17 agustus 1945 pukul 10.00.

Walau terlibat dalam penyusunannya, Achmad Soebardjo diketahui tidak hadir dalam peristiwa penting tersebut karena ingin beristirahat setelah dua hari diliputi suasana tegang.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biografi Achmad Soebardjo , Salah Satu Perumus Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"

# Achmad Soebardjo # Soekarno # proklamasi # kemerdekaan # Jawa Barat

Editor: Fitriana SekarAyu
Video Production: Rania Amalia Achsanty
Sumber: Kompas.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved