Terkini Daerah

Terancam Terusir dari Rumah, Nenek di Lembang Bandung Ditipu Cucu Tiri, hingga Rumah Dibeli Orang

Sabtu, 15 Januari 2022 13:15 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah rumah di Kampung Jayagiri, RT 04/11, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan halaman yang luas tampak berdiri kokoh.

Rumah dua lantai yang didominasi cat berwarna coklat itu merupakan rumah nenek Ellen atau Ellen Plaissaer Sjair (80).

Nenek Ellen ditipu cucu tirinya sehingga rumah tersebut dibeli orang.

Rumah ini sudah dijual oleh cucu tirinya tanpa sepengetahuan nenek Ellen hingga akhirnya dia pun terancam terusir.

Rumah yang berdiri di lahan seluas 3.230 meter persegi itu dijual seharga Rp 2,8 miliar pada tahun lalu.

Baca: Nasib Nenek Ellen Terusir dari Rumah Lantaran Ditipu Cucu Tiri Rp2,8 Miliar, Tanda Tangan Dipalsukan

Halaman rumah itu tampak asri karena dipenuhi rumput hijau dan sejumlah tumbuhan.

Sementara di dalam rumah itu tampak bersih dan sejuk serta terdapat beberapa foto kenangan Nenek Ellen bersama suaminya yang sudah meninggal dunia pada tahun 2012 lalu.

"Setelah bapak meninggal, ibu tinggal disini (rumah) sendirian selama 10 tahun karena nggak ada saudara dan anak," ujar Nenek Ellen saat ditemui di rumahnya, Jumat (14/1/2022).

Nenek Ellen sudah tinggal di rumah tersebut sejak tahun 1991 lalu, sedangkan sejak suaminya meninggal, cucu tirinya itu hingga kini belum pernah memberikan kabar dan sudah jarang bertemu.

Iklan untuk Anda: Pria Sidoarjo Menumbuhkan Rambutnya dalam Sebulan. Ini Resepnya!
Advertisement by
"Saya kurang tahu dia tinggal di mana (cucu), jadi tinggal di sini ya sendiri," katanya.

Meski begitu, Nenek Ellen sudah memaafkan perbuatan cucu tirinya itu meski selama ini sudah membuat dirinya yang sebatang kara terancam terusir.

Namun, pengosongan rumahnya hingga kini masih ditangguhkan.

"Ibu sudah memaafkan, semoga bertobat karena masih muda dan ke depannya tidak melakukan hal seperti ini lagi," ucap Nenek Ellen.

Hingga saat ini, Nenek Ellen masih memperjuangkan keadilan agar tidak sampai terusir dari rumahnya itu dan dia juga sudah mengajukan banding atas keputusan pengadilan.

Baca: Viral Kronologinya Driver Ojol Ditipu Customer, Motor, HP dan Dompet juga Ikut Dibawa Kabur

Ditipu Cucu Tiri

Nenek Ellen (80) di rumahnya Kampung Jayagiri, RT 04/11, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (14/1/2022).
Nenek Ellen (80) di rumahnya Kampung Jayagiri, RT 04/11, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (14/1/2022). (TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN)
Lansia bernama Ellen Plaissaer Sjair (80) terancam diusir dari rumahnya di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat gara-gara ulah cucu tiri.

Sebabnya, ada cucunya yang memalsukan tanda tangan Nenek Ellen kemudian menjual tanah Nenek Ellen warisan dari almarhum suaminya, Peter S Danoewinata.

Kini, Nenek Ellen, pensiunan guru SMP BPPK sudah tinggal sebatang kara di tengah ancaman terusir dari rumahnya.

Kuasa hukum Nenek Ellen, Bobby Herlambang Siregar, SH dari Kantor Hukum Williard Malau mengatakan, lansia tersebut menerima wasiat dari suaminya. Bahwa rumah dan tanah itu untuk Nenek Ellen dan Iw, cucu tiri hasil pernikahan suami terdahulu.

Adapun dari pernikahan Nenek Ellen dengan Peter S Danoewinata, keduanya tidak dikaruniai anak. Iw sendiri cucu kandung Peter S Danoewinata dari pernikahannya dengan istri terdahulu.

"Pada sekira 2013 sertifikat rumah yang diwasiatkan pada Nenek Ellen dicuri oleh IW, dimana IW ternyata memalsukan tanda tangan nenek Ellen pada surat kuasa menjual yang isinya seolah-olah si nenek memberikan kuasa ke IW untuk menjual rumah," kata Bobby saat dihubungi Tribun pada Kamis (13/1/2022).

Dugaan pemalsuan itu pada 2015 dilaporkan Nenek Ellen ke polisi dan vonis hakim menyatakan Iw bersalah dan dihukum penjara selama 2 tahun.

"Notaris yang terlibat dalam pembuatan surat kuasa menjual berinisilah FL juga telah dinyatakan bersalah oleh Majelis Pengawas Daerah Notaris," katanya.

Hanya saja, pada 2017, para pembeli rumah Nenek Ellen via Iw, menggugat Nenek Ellen agar segera mengosongkan rumah tersebut.

"Nenek ELLEN kalah 3 kali berturut-turut dalam persidangan melawan pembeli tersebut, bahkan sampai tingkat peninjauan Kembali di Mahkamah Agung," kata dia.

Dengan putusan tersebut, kata Bobby, Nenek Ellen kini di ujung tanduk karena harus mengosongkan dan menyerahkan rumah yang tidak pernah dijual olehnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Nasib Nenek Ditipu Cucu Tiri, Terancam Terusir dari Rumah, Hidup Sebatang Kara Setelah Suami Wafat

#nenek #Lembang #ditipu #cucu tiri

Editor: Restu Riyawan
Video Production: Lulu Adzizah F
Sumber: Tribun Jabar

Tags
   #nenek   #Lembang   #ditipu   #cucu tiri
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved