Terkini Daerah

Jokowi Optimistis Homestay di Mandalika Terisi Penuh Jelang MotoGP

Sabtu, 15 Januari 2022 11:27 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis, homestay yang dibenahi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terisi penuh menjelang gelaran MotoGP 2022.

 Hal ini dia sampaikan saat meninjau lokasi homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022).

“Tadi, saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU, nanti kita lihat Maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya, Insya Allah terisi semuanya,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (13/1/2022).


 Jokowi berharap, gelaran balap motor kelas dunia tersebut diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR membangunan 915 sarana hunian pariwisata (Sarhunta) yang terdiri 398 homestay dan 517 unit rumah swadaya.

Baca: Momen Jokowi Naik Motor Custom RI 1 dan Pakai Jaket G20 saat Tinjau Fasilitas MotoGP Mandalika

Baca: Viral Video Presiden Joko Widodo Geber Motor Custom di Mandalika, Tinjau Kesiapan MotoGP 2022

Sarhunta tersebut dibangun sebagai alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung guna menikmati ajang MotoGP. Baca juga: Nonton MotoGP,

Sebelumnya, Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad mengatakan, Sarhunta dibangun karena adanya keterbatasan hotel.

Penataan homestay di KSPN Mandalika ini berpedoman pada arsitektur khas Lombok dan disertai penataan lanskap.

Kualitas rumah swadaya untuk homestay dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa kriteria delienasi lokasi. Contohnya, kemudahan akses, ketertarikan daya tarik wisata, ketersediaan amenitas, kesesuaian tata ruang zonasi, serta ketersediaan klaster perumahan.

Sejatinya, pembangunan homestay dilaksanakan sama halnya dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yaitu melibatkan masyarakat sebagi subyek. Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Selain itu, hunian tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Optimistis Homestay di Mandalika Terisi Penuh Jelang MotoGP"

#Jokowi #Homestay #Mandalika #MotoGP

Editor: Restu Riyawan
Video Production: Ardrianto SatrioUtomo
Sumber: Kompas.com

Tags
   #Jokowi   #Homestay   #Mandalika   #MotoGP
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved