Terkini Nasional

Jarak Tempuh Solo-Jogja Lewat Tol Semakin Menghemat Waktu dan Tenaga, Target Diresmikan Agustus 2023

Sabtu, 15 Januari 2022 08:43 WIB
TribunSolo.com

TRIBUN-VIDEO.COM, KLATEN - Banyak yang tidak sabar menanti proyek jalan Tol Solo-Jogja dikebut pengerjaanya dan selesai bisa digunakan.\

Terlebih jarak tempuh Solo-Jogja via tol akan semakin menghemat waktu dan tenaga.

Lantas berapakah sebenarnya waktu tempuh dari kawasan pintu tol Ngasem hingga Jogja?

General Manager Lahan dan Utilitas PT Joglosolo Marga Makmur (JMM) Muhammad Amin menjelaskan bahwa jalan tol Solo-Jogja akan mempersingkat waktu tempuh.

"Dari 1,5 jam menjadi 20 menit," terang dia kepada TribunSolo.com, Jumat (14/1/2022).

Dia menyebut, Jalan Tol Solo-Jogja seksi I menghubungkan Kartasura di Sukoharjo dengan Purwomartani di Sleman memiliki panjang 42,37 km.

“Ditarget dapat diresmikan 17 Agustus 2023," terang dia.

Baca: Reaksi Kakek Muchtar, Dapat Ganti Rugi Proyek Tol Solo Jogja Rp 7,5 Miliar, Digunakan untuk Ini

Adapun spesifikasi dari jalan tol Solo-Jogja yang menghubungkan hingga Bandara YIA ini memiliki panjang total 96,57 km yang dibangun dalam tiga seksi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Supriyono menjelaskan perjalanan dari Solo ke Yogyakarta biasanya pengendara menggunakan jalan nasional Jogja - Solo.

"Traffic lightnya sudah cukup banyak tapi masih banyak permintaan juga terus untuk menambah traffic light baru," terangnya.

Tercatat di Jalan Solo-Jogja yang melintasi Kabupaten Klaten terdapat Sekitar 19 traffic light dengan masing-masing traffic light memakan waktu kurang dari 60 detik.

"Kalau 50 belum ada, ada 19 titik. Waktunya bervariasi, enggak sampai 1 menit," aku dia.

Baca: Tol Solo-Jogja akan Segera Beroperasi pada 2023, Waktu Tempuh Menjadi 20 Menit Saja

Disiapkan Anggaran Rp 3 Triliun

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 3 triliun untuk pembebasan lahan Tol Solo-Jogja pada tahun ini.

Kasi Pengadaan Tanah BPN Klaten, Sulistiyono mengatakan, proses pembebasan tanah terdampak Tol Yogyakarta-Solo untuk seksi 1 di Kabupaten Klaten terus dikebut oleh panitia pembangunan proyek tol itu.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten menargetkan pada tahun 2022 ini, semua bidang tanah yang terdampak proyek strategis nasional (PSN) itu rampung dibebaskan.

Bahkan, BPN Klaten telah menyiapkan uang senilai Rp 3 triliun untuk membebaskan tanah milik warga yang diterjang proyek tersebut.

"Untuk anggaran tahun 2022 ini kita siapkan anggaran sekitar Rp 3 triliun. Itu hanya untuk pembebasan tanahnya saja," ujar dia di Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Senin (10/1/2022).

Menurut dia, dana sekitar Rp 3 triliun itu digunakan untuk membebaskan tanah sebanyak sekitar 3.000 bidang tanah yang tersebar hingga Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

"Anggaran tahun 2022 ini untuk diselesaikan semuanya. Soalnya di tahun 2023 itu nanti untuk seksi pertama sudah harus selesai fisiknya," kata Sulis.

Kemudian, lanjut Sulis, secara keseluruhan untuk perkembangan pembebasan tanah terdampak Tol Yogyakarta-Solo di Klaten sudah mencapai 58 persen.

Adapun nilai uang ganti rugi (UGR) yang sudah dicairkan mencapai Rp 1 triliun lebih.

"Itu tersebar di 19 desa dari 5 kecamatan. Tahun 2022 ini kita usahan clear dan clean semuanya," imbuhnya.

Baca: Seorang Pria di Klaten Tolak Uang Ganti Rugi Proyek Tol Solo-Jogja Senilai Rp 119 Juta: Nggak Rela

Sementara, total desa kelurahan yang terdampak Tol Yogyakarta-Solo di Klaten tersebar di 51 desa kelurahan dari 11 kecamatan.

Sementara itu, General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Tilawatil Amin mengatakan jalan Tol Yogyakarta-Solo terbagi ke dalam 3 seksi.

Seksi 1 yakni, Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,3 kilometer.

Adapun dua seksi lainnya yakni, Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,4 kilometer dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,7 kilometer.

"Ini sudah minggu ke 38 ya, progres perkembangan pembangunan fisik tol seksi 1 sudah 20,098 persen," ucapnya.

Pembangunan pada seksi 1 lanjut dia, rata-rata sudah dilakukan pembangunan boks-boks jalan dan under pass.

"Sebagian ada juga urukan tanah dan ini merata di beberapa wilayah. Untuk seksi satu target kita 2023 seksi 1 ini sudah peresmian ya," ucapnya.

Kemudian, disinggung terkait kendala selama pengerjaan proyek tol pada seksi 1 itu, Amin mengaku tidak terlalu mendapatkan kendala.

"Sejauh ini tidak ada, mungkin hanya hujan karena tanah yang habis kita uruk biasanya kalau kena air kan agak terganggu, tapi proyek jalan terus," imbuhnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Jalan Tol Solo-Jogja Beroperasi 2023, Waktu Tempuh Solo ke Jogja Jadi 20 Menit, Biasanya Sejam Lebih

# Pembangunan Tol Solo-Jogya # proyek pembangunan tol Solo-Jogja # Proyek Tol Solo-Jogja #

Editor: Wening Cahya Mahardika
Video Production: Tegar Melani
Sumber: TribunSolo.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved