TERKINI NASIONAL

Jokowi Sindir Kewibawaan Polri, Sebut Ada Kapolres Datangi Petinggi Ormas yang Sering Buat Masalah

Jumat, 3 Desember 2021 21:59 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden Jokowi mengaku heran dengan sikap sejumlah kapolda hingga kapolres yang baru dilantik karena mereka justru berkunjung ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal kerap terlibat keributan.

Ia juga menyinggung soal Polri yang ketakutan saat dikritik melalui mural.

Presiden Jokowi menegaskan, agar para anggota dan petinggi Polri tidak menggadaikan ketegasan dan kewibawaannya untuk hal-hal kecil.

Teguran itu disampaikan Presiden Jokowi dalam arahannya kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12/2021).

Jokowi mulanya mengaku sudah lama ingin mempertanyakan masalah ini kepada jajaran kepolisian.

"Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?" tanya Jokowi kepada peserta acara.

Baca: Momen Kunjungan Presiden Jokowi ke Nusa Dua Bali, Beri Penghargaan dan Imbauan saat Apel Kasatwil

Baca: Perintahkan Kapolri saat Penanganan Pandemi Covid-19, Jokowi: Hati-hati Kapoldamu

Presiden menyebut, pernah mempertanyakan tujuan dari oknum kapolres yang menyambangi rumah petinggi ormas tersebut, dan dijawab agar situasi kota kondusif.

Jokowi pun mengingatkan soal kewibawaan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat memberikan arahan tersebut.

Jokowi meminta agar ketegasan dan kewibawaan tidak hilang dari Polri.

"Ketegasan itu juga jangan hilang dari Polri. Kewibawaan juga jangan hilang dari Polri. Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan," ujar Jokowi.

Pada kesempatan yang sama kepala negara juga menyinggung soal peristiwa penghapusan sejumlah mural yang berisi beragam kritikan untuk dirinya maupun pemerintah.

Jokowi pun menyinggung soal survei indeks kebebasan berpendapat yang hasilnya mengalami penurunan, karena masyarakat memiliki persepsi sesuai apa yang dilihat sehari-hari.

Sehingga dirinya meminta agar pendekatan aparat kepada masyarakat harus persuasif dan mengedepankan dialog.

Jokowi menyebut, kritikan masyarakat melalui mural bukanlah hal yang harus dibesar-besarkan atau justru dihapus.

"Urusan mural, oh urusan mural saja ngapain sih? Wong saya dihina, saya dimaki-maki, difitnah sudah biasa. Ada mural saja takut. Ngapain? Baca ini hati-hati," tegasnya.

"Ini kebebasan berpendapat. Tapi kalau menyebabkan ketertiban masyarakat di daerah menjadi terganggu, beda soal. Sehingga saya mengapresiasi dibalik oleh Kapolri membuat lomba mural dan saya kira hasilnya positif," ungkap Jokowi.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Sindir Kapolda-Kapolres yang Sowan ke Ormas Pembuat Keributan: Jangan Gadaikan Wibawa Polisi

# Ormas # Kapolres # Jokowi # Polri

Editor: Danang Risdinato
Reporter: sara dita
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: Tribunnews.com

Tags
   #Polri   #Jokowi   #Kapolres   #Ormas
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved